Clicky

Cara Kreatif Korem 091/Aji Surya Natakesuma Bangun Komunikasi Sosial

KLIKSAMARINDA – Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif semester II tahun anggaran (TA) 2021. Komsos Kreatif tahun ini dilakukan melalui seni beladiri pencak silat, bekerja sama dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Samarinda, Kaltim.

Komsos Kreatif Korem 091/ASN ini bertema “Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif”. Kasrem 091/ASN Kolonel Inf. Triyono, S.Sos, membuka kegiatan Komsos di aula Wira Yudha Makorem 091/ASN Jalan Gajah Mada Samarinda Kaltim, Rabu 17 November 2021 kemarin.

Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro.SIP.M.Si. dalam amanat yang dibacakan Kasrem 091/ASN Kolonel Inf. Triyono, S.Sos mengatakan pencak silat merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang harus dicintai dan dilestarikan.

“Pencak silat juga merupakan harta kekayaan bangsa Indonesia yang tidak ternilai harganya. Adanya arus modernisasi, dikhawatirkan akan mengikis budaya tradisional khususnya budaya seni tari, Untuk itu diperlukan adanya upaya pelestarian budaya seperti yang akan kita laksanakan hari ini,” ujar Kolonel Inf. Triyono.

Kolonel Inf. Triyono menambahkan, kegiatan ini sebagai media yang tepat dan efektif untuk terwujudnya jalinan kerja sama yang baik antara prajurit dengan seniman/seniwati, civitas akademika dan olahragawan/olahragawati, serta terwujud-nya saling pengertian dan kebersamaan dalam menyikapi kebijakan pimpinan TNI AD.

“Pagelaran ini selain dijadikan wadah untuk menyalurkan bakat seni gerak dalam rangka mencintai dan melestarikan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, agar terbentuknya kader perlawanan wilayah di setiap wilayah Satkowil dan terwujudnya pemahaman yang sama terhadap setiap isu yang berkembang di wilayah,” ujar Kolonel Inf. Triyono.

Melalui kegiatan ini jajaran TNI telah ikut andil dalam melestarikan budaya tradisional melalui kreasi-kreasi yang kreatif.

“Saya berharap, saat pelaksanaan nanti kita mampu menampilkan gerakan yang seragam dan bagus. Akan tetapi selama kegiatan ini berlangsung, saya mengingatkan agar tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran yang telah di sampaikan oleh pemerintah,” ujar Kolonel Inf. Triyono.

Ketua Umum IPSI Kaltim, Syaharie Jaang, menyambut baik atas penghargaan yang diberikan kepada IPSI dengan mengundang ke Korem 091/ASN ini. Menurut Syaharie Jaang, kerjasama ini yang pertama kali diadakan selama ini.

Menurut Syaharie Jaang, olahraga pencak silat ini adalah olahraga kebanggaan bangsa indonesia. Untuk yang lainnya adalah kegiatan olahraga import. Karena itu, kegiatan seperti ini memberikan ruang bagi masyarakat untuk turut melestarikan budaya bangsa.

”Saya ucapkan terima kasih kepada Korem 091/ASN, salam hormat saya kepada Danrem 091/ASN yang telah mengundang kami dalam acara pagelaran seni pencak silat ini. Mari kita berdoa semoga covid- 19 segera hilang dari muka bumi ini, sehingga kita bisa melaksanakan aktivitas seperti biasa kembali,” ujar Syaharie Jaang.

Kegiatan dilanjutan Penampilan Sesepuh IPSI Kota Samarinda oleh Sumar S.Pd., pagelaran Seni Pencak Silat Perguruan Persimas Asad, pagelaran Seni Pencak Silat Perguruan Tapak Suci dan pagelaran Seni Pencak Silat Naga Pertapa Indonesia. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com