Clicky

Basarnas Balikpapan Bangun Sinergi Para Petugas SAR

KLIKSAMARINDA – Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Balikpapan membangun sinergitas bersama instansi terkait yang berada di daerah Kalimantan Timur. Kepala Kantor SAR Balikpapan, Melkianus Kotta menyatakan bahwa sinergi ini untuk mempererat kerja sama antara TNI-Polri dengan Potensi SAR serta relawan.

Selain itu, kegiatan ini juga bersama-sama bekerja sama dan bahu membahu jika terjadi hal-hal yang diinginkan.

“Dengan kehadiran dari TNI-Polri, lalu sipil, relawan dan intansi terkait untuk menyamakan persepsi dalam melaksanakan operasi SAR baik itu di darat, laut, maupun udara. Karena kecelakaan sendiri, kan ada beberapa faktor baik itu human error maupun dari mesin itu sendiri. Melihat situasi dan kondisi di Kalimantan ini hampir sama dengan kota-kota lain, jika terjadi kami siap bersama unsur lainnya,” ujar Melkianus Kotta, Selasa 15 Juni 2021.

Melkianus Kotta menekankan selalu siap jika dibutukan dalam kegiatan SAR manapun bukan hanya di Kalimantan saja jika memang dibutuhkan maka pihaknya akan langsung menuju ke tempat kejadian.

“Bukan hanya di Kalimantan ya, tapi juga di seluruh Indonesia, kami pasti siap karena Basarnas sendiri adalah leading sektor dari pertolongan dan pencarian sehingga semoga dari kegiatan ini kesiapan kami semakin siap juga dari TNI Polri dan intansi terkait,” ujar Melkianus Kotta.

Melkianus Kotta menambahkan, dari segi kesiapan, sarana dan prasarana kantor SAR Balikpapan memiliki alat yang cukup memadai dan lengkap untuk melakukan penanganan bencana serta pencarian dan pertolongan. Melkianus Kotta juga membeberkan akan dibukanya Unit Siaga SAR yang akan ditempatkan di Kabupaten Berau dan akan disusul oleh Unit Siaga SAR lain di beberapa wilayah Kalimantan Timur lagi.

“Ada beberapa titik rawan yang kita perhatikan seperti di Kutai, Berau, dan beberapa lain jadi kami fokus yang kami anggap rawan sambil berkoordinasi dengan TNI-Polri, BPBD apabila adanya bencana alam dan kegiatan-kegiatan lain,” ujar Melkianus Kotta.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dengan puncak kegiatan pada tanggal 23 Juni 2021 mendatang yang berada di Teluk Balikpapan sebagai tempat pelaksanaan operasi kecelakaan. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com