Clicky

Wapres Ma’ruf Amin Akan ke Samarinda, Ini Persiapan yang Dilakukan

KLIKSAMARINDA – Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin, akan melakukan kunjungan ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), khususnya Kota Samarinda, Selasa 2 November 2021. Pelbagai persiapan pun dilakukan jajaran pemerintahan dan aparat untuk menyambut dan melakukan pengawalan terhadap kunjungan Wapres Ma’ruf Amin tersebut.

Di tingkat Pemprov Kaltim, persiapan telah dilakukan sesuai arahan Istana Kepresidenan. Kepala Biro Adpim Setdaprov Kaltim, Syafranuddin, persiapan mencakup yang akan dikunjungi Wapres Ma’ruf Amin.

“Termasuk, mereka yang terlibat di Ring 1 atau lokasi pelaksanaan wajib menjalani test PCR dengan hasil negatif,” ujar Syafranuddin, ketika meninjau Test PCR para petugas Ring 1 di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Senin 1 November 2021.

Beberapa kegiatan Wapres Ma’ruf Amin antara menghadiri berbagai kegiatan di Samarinda, mulai dari acara Dies Natalis UNU Kaltim, peninjauan Kampus 2 UNU Kaltim, ke Odah Etam Kantor Gubernur dan peninjauan Pameran UKM di Odah Etam.

Persiapan menyambut kunjungan Wapres Ma’ruf Amin juga dilakukan oleh jajaran TNI Polri serta Pemkot Samarinda. Pada Senin pagi, 1 November 2021, digelar apel pasukan persiapan penyambutan kedatangan Wapres Ma’ruf Amin di Stadion Madya Sempaja Jalan KH Wahid Hasyim 1 Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda.

Apel ini melibatkan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, Damkar dan Dinas Kesehatan. Setelah apel gelar pasukan, berlangsung simulasi kesiapan pengamanan kunjungan Wapres yang digelar di sepanjang rute kunjungan Wapres.

Apel dipimpin Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, dihadiri Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi. Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro menyampaikan, apel kesiapan dalam rangka pengamanan VVIP kunjungan Wapres ke Kota Tepian ini, secara umum persiapan sudah dilaksanakan mulai kemarin hingga saat ini.

“Secara menyeluruh persiapan disesuaikan dengan situasi dan kondisi cukup, kita selalu siap dalam rangka kesiapan pengamanan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes),” ujar Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro.

Wawali Rusmadi mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menyambut baik dengan adanya kunjungan Wapres Ma’ruf Amin ke Kota Samarinda.

“Yang mana menjadi permasalahan di Kota Tepian seperti ketertiban berlalu-lintas, parkir terutama kendaraan-kendaraan berat yang berada di pinggir jalan, serta soal kebersihan tentu menjadi bagian dari tugas bersama Pemkot, bukan hanya saat kunjungan seperti ini saja, namun untuk masyarakat secara umumnya,” ujar Wawali Rusmadi.

Namun, untuk peliputan sejumlah kegiatan dalam kunjungan Wapres Ma’ruf Amin terbatas untuk awak media, baik cetak, elektronik dan online. Menurut Karo Adpim Setda Prov Kaltim, Syafranuddin, hal itu berdasarkan arahan dari pihak Istana Kepresidenan. Meski begitu, untuk keperluan rilis berita, video dan foto, akan dikirim Biro Pers Istana Kepresidenan melalui Biro Adpim Pemprov Kaltim.

“Jadi, kami mohon maaf kepada teman-teman awak media. Karena, adanya pembatasan oleh Biro Pers Istana Kepresidenan. Prinsipnya, mohon maaf. Kami akan menyediakan rilis berita, foto-foto dan video dishare ke masing-masing awak media dalam setiap titik yang dikunjungi RI2. Bisa juga kawan-kawan awak media dapat berkomunikasi dengan Biro Adpim Pemprov Kaltim,” ujar Syafranuddin. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com