Clicky

Tes GeNose19 Gratis di Terminal Batu Ampar dan Pelabuhan Kariangau

KLIKSAMARINDA – Sesuai instruksi dari Kementerian Perhubungan RI melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, sejumlah pelayanan tranportasi publik mulai membelakukan uji tes GeNose untuk mendeteksi Covid-19. Tak terkecuali di sejumlah terminal dan pelayanan penyeberangan di Kalimantan Timur.

Seperti yang berlangung di Terminal Batu Ampar dan Pelabuhan Penyeberangan Kariangau, Balikpapan. Calon penumpang akan menjalani Tes GeNose 19 sebelum menaiki kapal.

Menurut Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Pelabuhan Penyeberangan Pelabuhan Penyeberangan Heryawan, S.E, layanan uji tes GeNose bagi calon penumpang di Terminal Batu Ampar dan Pelabuhan Penyeberangan Ferry Kariangau ini tanpa pungutan biaya alias gratis.

”Calon penumpang yang dites menggunakan GeNose dipastikan tidak dipungut biaya, Layanan tersebut disediakan bagi calon penumpang Terminal Batu Ampar dan Pelabuhan Penyeberangan Ferry Kariangau. Jika ada calon penumpang yang ditarik biaya terkait pemeriksaan GeNose maka dipastikan, bahwa itu tidak benar,” ujar Heryawan, melalui keterangan tertulis BPTD XVII Kaltimra, Rabu 9 Juni 2021.

Heryawan menambahkan, meki grati.namun jumlah kantung nafas yang digunakan tes genose saat ini masih terbatas.

”Sehingga jumlah penumpang yang mengikuti tes setiap harinya dibatasi sebanyak 10 orang,” ujar Heryawan.

GeNose C19 adalah hasil karya dalam negeri yang memiliki kelebihan mendeteksi Covid-19 secara cepat. Alat ini mampu mendeteksi Covid-19 berbasis hembusan nafas sebagai alternatif selain tes RT-PCR dan Rapid Test Antigen.

Kepada masyarakat yang akan menggunakan GeNose C19 diharuskan menghindari makanan dan minuman beraroma tajam 30 menit sebelum tes GeNose, seperti durian, kopi, petai, jengkol, bawang putih, dan rokok. Tujuannya demi menjaga hasil akurasi sampel. (*)

DMCA.com Protection Status