News

Sedekah Sampah Diminati, Ini Kata DLH Samarinda

KLIKSAMARINDA – Pelbagai jenis sampah menggunung. Botol plastik, kardus, kertas, minyak jelantah, piring telur, dan lainnya. Bukan berantakan, benda-benda tidak terpakai ini ternyata disusun rapi dan dipilah berdasarkan jenisnya. Mereka yang berpartisipasi berasal dari pelbagai latar belakang. Mulai dari masyarakat, instansi, hingga lembaga pemerintahan dan nonpemerintahan.

Momen tak biasa ini terjadi di salah satu sudut Gelanggang Olahraga Segiri, Samarinda, Minggu 16 Februari 2020. Penggagasnya adalah Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda yang merayakan rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional 2020. Lewat tema Sedekah Sampah, DLH Kota Samarinda menghimpun pelbagai bentuk sampah. Lokasinya sendiri di GOR Segiri dan di GOR Sempaja. Sejumlah staf dan pegawai DLH Kota Samarinda, juga ikut memilah sampah yang datang silih berganti sejak pukul 07.00 Wita.

Iswanto, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun, mengatakan Hari Peduli Sampah Nasional setiap tahunnya dirayakan dengan cara berbeda dan kratif. “Jadi bukan kali ini saja,” katanya, saat diwawancara Klik Samarinda disela Sedekah Sampah, Minggu 16 Februari 2020, pagi tadi di GOR Segiri.

Menurutnya, Sedekah Sampah ini merupakan bagian dari upaya DLH Kota Samarinda menangani dan mengurangi volume sampah di Kota Tepian. Hal itu sejalan dengan Kebijakan dan Strategi Daerah (Jakstrada) dan Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) terkait sampah.

“Sedekah sampah ini murni kami jalankan untuk menyadarkan masyarakat soal pengelolaan sampah. Tapi selain itu, hasil daripada Sedekah Sampah ini tentu akan kami sedekahkan kembali kepada saudara-saudara kita yang belum beruntung. Terutama di yayasan, panti asuhan, janda, maupun yatim piatu,” bebernya. (*)