Fokus News

Polisi Kawal Pemeriksaan Penumpang Yang Turun di Pelabuhan Samarinda

??????????

KLIKSAMARINDA – Penurunan penumpang kapal kembali terjadi di Pelabuhan Samarinda. Senin, 6 April 2020, KM Aditya dari Pelabuhan Pare-pare bersandar di Pelabuhan Samarinda untuk menurunkan penumpang.

Saat penurunan penumpang, pihak kepolisian Polresta Samarinda bersama TNI dan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan Dinas Kesehatan Samarinda melakukan pemeriksaan terhadap 104 penumpang KM Aditya dan warga yang melakukan penjemputan di Pelabuhan.

Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Arief Budiman memimpin aprl gabungan sebelum kapal tiba di pelabuhan.

“Kegiatan ini dalam rangka mengawal kedatangan kapal yang datang dari Pare-pare. Karena kita ketahui bersama telah beredar di medsos seakan-akan kapal penumpang yang datang dari Pare-pare masuk ke Samarinda meresahkan karena tidak dilakukan pemeriksaan/screening,” ujar Kapolresta Samarinda dalam arahannya.

Kapolresta Samarinda menambahkan, kegiatan ini untuk memastikan yang masuk sudah steril sesuai dengan tahapan tahapan prosedure pemeriksaan.

Pihak kepolisian dan aparat gabungan lainnya juga memastikan jumlah penumpang yang masuk sekaligus pendataan penumpang sehingga para penumpang maupun penjemput akan disterilkan terlebih dahulu.

Sementara dalan upaya sterilisasi penumpang yang turun dilakukan sesuai prosedur kesehatan penanganan Covid-19 dilanjutkan dengan tahapan pemeriksaan dengan menjaga jarak antara penumpang.

Petugas juga menyemprotkan cairan disinfektan kepada para penumpang dan barang bawaan yang baru tiba di pelabuhan.

Warga juga diwajibkan mencuci tangan di tempat pintu keluar pelabuhan dan dilakukan pengecekan suhu tubuh sekaligus pemberian formulir pendataan untuk pemantauan dari tim kesehatan. (*)