Ketua DPRD Samarinda Hadiri Pisah Sambut Danrem 091/ASN

KLIKSAMARINDA – Ketua DPRD Samarinda, Sugiyono hadir dalam acara pisah sambut Komandan Resort Militer (Korem) 091/ Aji Surya Natakesuma (ASN). Pisah sambut ini dari Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro kepada Kolonel Inf Dendi Suryadi di Aula Wira Yudha Makorem 091/ASN, Kamis (17/3/2022).

“Saya ucapkan terima kasih kepada Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro yang telah menjalankan tugas dengan baik dan bertugas di tempat yang baru sebagai Kapok Sahli Danpusterad. Saya juga ucapkan selamat datang kepada Kolonel Inf Dendi Suryadi sebagai Danrem yang baru,” ujar Sugiyono.

Sugiyono berharap dapat membangun koordinasi dan sinergi bagi secara kelembagaan maupun meningkatkan peran TNI khususnya di Samarinda kepada masyarakat.

“Saya berharap bisa terus meningkatkan sinergi dan peran TNI di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Samarinda,” ujar Sugiyono.

Danrem 091/ASN yang baru, Kolonel Inf Dendi Suryadi, merupakan putra daerah Kaltim asli Kutai yang besar di Samarinda. Kolonel Inf Dendi Suryadi merupakan kelahiran Jambi, 10 September 1968.

Lulus akademi militer pada tahun 1993 dari kecabangan infanteri, Kolonel Inf Dendi Suryadi sebelumnya menjabat sebagai Kasrem 043 Garuda Hitam.

“Bersyukur sekali, karena cita-cita saya jadi tentara di kampung halaman sendiri dan alhamdulillah terkabul. Karena ayah saya juga seorang abdi negara suka pindah. Bahkan saya sendiri lahir di Jambi tetapi besar di Samarinda,” ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wali Kota Samarinda, Andi Harun, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Adji Muhammad Arifin, jajaran Forkopimda dan pimpinan instansi vertikal/kementerian/lembaga di Kaltim, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadly, para Dandim se Kaltim serta tokoh agama dan tokoh masyarakat Kaltim.

Dalam sambutan, Gubernur Isran Noor mengaku bangga kepada Kolonel Inf Dendi Suryadi. Selain karena putra daerah Kaltim, karir militernya juga mampu menduduki jabatan Dandrem 091/ASN.

Menurut Gubernur Isran Noor, kebanggaan tersebut sekaligus milik keluarga, jajaran TNI maupun pemerintah, dan kebanggan masyarakat Kaltim.

“Saya sangat bangga, sebab Kolonel Dendi ini putra Kaltim yang pertama menjadi Danrem di sini. Artinya putra Kaltim ternyata bisa juga berprestasi dan bisa menjadi perwira tinggi di jajaran TNI. Tidak tertutup kemungkinan kesempatan itu terbuka bagi putra-putri terbaik Kaltim untuk berkarir di TNI maupun Polri bahkan pejabat negara,” ujar Gubernur Isran Noor.

Sebelumnya, Pejabat Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) telah diserahterimakan dari Brigadir Jenderal TNI Cahyo Suryo Putro, kepada Kolonel Inf Dendi Suryadi, di Makodam VI/Mulawarman, Balikpapan. Serah terima dipimpin langsung oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso, Rabu 16 Maret 2022.

Di Samarinda, acara tradisi penerimaan pejabat Danrem 091/ASN Kolonel Inf Dendi Suryadi, berlangsung Kamis, 17 Maret 2022. Acara diawali prosesi penyambutan dan pengalungan bunga dan penyerahan bunga tangan kepada Ny. Ira Dendi Suryadi di depan pintu gerbang utama Makorem 091/Asn oleh Kasrem Kolonel Inf Khabib Mahfud, S.I.P dan istri.

Kegiatan dilanjutkan dengan terima jajar kehormatan regu jaga Kesatrian Makorem 091/Asn dan tradisi pedang pora.

Setelah itu, pejabat Danrem 091/ASN Kolonel Inf Dendi Suryadi dan ibu melaksanakan ritual tepung tawar yang di iringi dengan tarian dan alunan musik sape khas adat dayak bahau.

Acara dilanjutkan dengan tradisi penerimaan dan prosesi penciuman dhuaja Korem 091/ASN di ruang Hall Makorem 091/ASN. Acara berlanjut dengan penandatanganan buku korps raport masuk satuan dan penandatanganan buku tradisi satuan dan penghormatan Dhuaja Korem 091/ASN. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status