Kemenag Kaltim Pantau Hilal 1 Zulhijah 1443 H, Pusat Tetapkan 10 Juni

KLIKSAMARINDA – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah menggelar penentuan awal 1 Zulhijah 1443 H. Penetuan berlangsung di Menara Asmaul Husna Masjid Islamic Center Samarinda, Rabu 29 Juni 2022.

Observer BMKG Samarinda, Faisal Wempy menyebutkan hari ini pemantauan hilal di Kota Samarinda tidak terlihat.

Menurut Faisal Wempi, hal ini terjadi karena tinggi bulan berada di titik 2 derajat. Sementara elongasi berada di titik 4 derajat.

“Sementara kriteria hilal (bulan) awal Zulhijah adalah ketinggian 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat,” ujar Faisal Wempi melalui keterangan tertulis Kantor Kemenag Kaltim.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, Masrawan mengatakan, memang sudah menjadi tugas dan fungsi dari Kementerian Agama untuk memberikan informasi serta menyatukan dan membimbing umat.

“Selanjutnya, hasil rukyatul hilal ini akan dilaporkan ke Kementerian Agama Pusat, ia pun berharap jika nantinya terdapat perbedaan bisa disikapi dengan bijak,” ujar Masrawan.

Kementerian Agama RI pun telah menetapkan 1 Zulhijah 1443 H bertepatan dengan 10 Juni 2022. Penetapan berlangsung berdasarkan hasil Sidang Isbat Penetapan Awal Zulhijah 1443 H.

“Pemerintah Tetapkan Iduladha 1443H Jatuh Pada 10 Juli 2022. Pemerintah selesai menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Zulhijah 1443 H. Hasilnya, Iduladha atau 10 Zulhijah 1443 H ditetapkan jatuh pada 10 Juli 2022,” demikian keterangan pers Kemenag RI. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status