Clicky

Dukung UMKM Tumbuh, Biznis.id Luncurkan Platform Pembelajaran Bisnis secara Digital

Biznis.id meluncurkan platform pembelajaran bisnis digital bagi para pelaku UMKM atau siapapun yang ingin memulai usaha pada 28 Januari 2021. Melalui platform tersebut, pembelajaran bisnis dihadirkan melalui seminar, CEO Talk, Biznis Forum, Biznis Q&A dan Free Mentoring yang dapat diakses secara gratis.

Selain program gratis, ada pula aktivitas pembelajaran yang sifatnya berbayar. Tentunya, kelas tersebut lebih mendalam dan spesifik. Misalnya saja, coaching mengenai topik-topik seperti Finance & Human Capital, Managing Working Capital, Cashflow Management, Understanding Financial Report, Smart Interview dan lain-lain.

Baskorohadi Sukatmo, co-founder Biznis.id menyampaikan bahwa mentor-mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya. Beberapa di antaranya, Budi Satria Isman (Business & Management Expert – Former CEO Sari Husada), Roy Soeradji (Retail Management & FMCG Expert – Former Operations Director Hero Supermarket) dan tokoh-tokoh lainnya.

“Para mentor tidak hanya membagi cerita keberhasilan dalam menghadapi bisnis tetapi juga memberikan bimbingan berupa langkah-langkah konkrit untuk pembentukan bisnis, mengembangkan bisnis, mengatasi kendala dalam bisnis dan melihat peluang ke depan,” terang Baskoro dalam konferensi pers yang digelar secara online, 28 Januari 2021.

Sementara itu, Budi Satria Isman, yang juga co-founder dari Biznis.id menyebut bahwa UMKM merupakan sektor bisnis yang harus disupport di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) tahun 2018, jumlah pelaku UMKM mencapai 64,2 juta. Daya serap tenaga kerja UMKM adalah sebanyak 117 juta pekerja atau 97% dari daya serap tenaga kerja dunia usaha.

Kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (PDB) adalah sebesar 61,1%. Sisanya sebesar 8,9% disumbangkan oleh pelaku usaha besar yang jumlahnya hanya sebesar 5.550 atau 0,01% dari jumlah pelaku usaha.

“Melihat data tersebut, UMKM sangat bisa berkontribusi untuk kemajuan Indonesia,” tandas Budi.

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status