NewsPemkot Samarinda

Wali Kota Samarinda Ajak TNI Kolaborasi Menjaga Kebersihan Sungai Karang Mumus

KLIKSAMARINDA – Pembersihan sampah yang ada di Sungai Karang Mumus menjadi agenda rutin Pemerintah Kota Samarinda yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda.

Dalam upaya menstabilkan kebersihan sungai, Wali Kota Samarinda, Andi Harun, mengajak TNI untuk turut terlibat dalam kegiatan pembersihan.

“Untuk menstabilkan kebersihan sungai, saya ajak TNI untuk ikut kolaborasi,” kata Andi Harun pada Kamis 14 Maret 2024.

Andi Harun menegaskan pentingnya sinergi antara pemerintah dan TNI dalam menjaga kebersihan sungai.

“Sudah sinergi kita itu sampai pada aspek tata kota, kan termasuk penanganan kebersihan sungai,” ucapnya.

Wali Kota menginginkan pola kerjasama yang melibatkan TNI secara langsung dalam penanganan kebersihan sungai.

“Pola yang diinginkan pekerjaan ini dengan terlibat langsung dalam penanganan kebersihan sungai dari sampah Sungai nanti kita kolaborasikan dengan DLH, misalnya pengangkutannya,” ujarnya.

Andi Harun mengatakan bahwa langkah-langkah konkret akan dijelaskan untuk mewujudkan kebersihan sungai, mulai dari pengangkutan sampah hingga sosialisasi budaya bersih kepada masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai.

“Sampah yang masuk ketika pasang kemudian diantisipasi dengan mensosialisasikan budaya bersih bagaimana masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa kolaborasi antara pemerintah, TNI, dan masyarakat diharapkan mampu meningkatkan kualitas kebersihan Sungai Karang Mumus.

“Berbagai upaya dilakukan termasuk sinergi TNI, pemerintah, dan masyarakat untuk mewujudkan Sungai Karang Mumus yang bersih,” jelasnya.

Andi Harun berharap masyarakat juga turut berperan aktif dalam menjaga kebersihan sungai secara konsisten.

“Kegiatan ke lapangannya harus every day. Kan, di sana nggak bisa hanya sekali seminggu dua kali seminggu,” harapannya.

Sementara itu, Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma Brigjen TNI Yudhi Prasetyo menyampaikan komitmen TNI dalam menjaga kebersihan Sungai Karang Mumus.

“Nanti kita susun kegiatan dan memang sudah kita susun kita akan sama-sama menjaga bagaimana Sungai Karang Mumus itu bersama bisa bersih. Paling tidak dari sampah mengapung dulu,” kata Brigjen TNI Yudhi Prasetyo. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
DMCA.com Protection Status