Puluhan Ribu Anak Ayam Dari Surabaya Diperiksa di Bandara APT Pranoto Samarinda | KLIK SAMARINDA
News

Puluhan Ribu Anak Ayam Dari Surabaya Diperiksa di Bandara APT Pranoto Samarinda

Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA – Petugas Karantina Samarinda Wilayah Kerja (Wilker) Bandara APT Pranoto memeriksa 10.400 bibit anak ayam (day old chicken/DOC) di Bandara APT Pranoto Samarinda, Selasa 29 September 2020 lalu. Pejabat Karantina memeriksa DOC tersebut yang diterbangkan dari Surabaya.

Bibit ayam tersebut disimpan di dalam tumpukan 130 box kardus melalui dan didatangkan melalui pesawat udara. Lalulintas pemasukan komoditas pertanian DOC ke Samarinda merupakan hal yang baru dimulai bulan September 2020.

Pemeriksaan DOC berlangsung dalam beberapa tahap. Pertama, pejabat Karantina melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen persyaratan dan pemeriksaan fisik.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan jumlah, volume, dan kesesuaian jenis data pada dokumen dengan fisik aslinya.

Petugas Karantina kemudian melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan kesehatan DOC sehingga layak untuk dibebaskan. Menurut Pejabat Karantina Wilker Bandara APT Pranoto, Ida Ayu, DOC yang sehat memiliki tanda-tanda khusus.

Point of View:  Kurir Sabu Dari Berau Menuju Balikpapan Ditangkap di Samarinda

“DOC yang sehat dapat dilihat dari mata yang cerah tidak sayu, bulu yang cerah dan kering, terlihat aktif dan tidak ada sisa kotoran pada anus,” ujar Ida Ayu melalui rilis.

Setelah dinyatakan sehat, Petugas Karantina menerbitkan sertifikat pembebasan KH-14 komoditas DOC ini. DOC merupakan bibit ayam yang akan dibesarkan untuk menghasilkan daging sehingga dapat dikomersilkan. (*)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status