Clicky

Penjelasan Kominfo Soal Peretasan Akun WhatsApp Juru Bicara Vaksinasi Covid-19

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, telah menegaskan bahwa nomor WhatsApp miliknya telah diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab. Siti Nadia juga menyatakan bahwa nomor rekening yang diberikan oleh peretas adalah bukan miliknya.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Pesan WhatsApp

= = = = =

NARASI:

“Punya saldo buat sy pinjam dulu gak..??.MBank sy masih trobke ni..sy harus kirim ke kerabat karna ada musibah dadakan sy balikin dan besok agak siangan ya.

Urgent..!!”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar akun WhatsApp Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi. Akun tersebut melakukan komunikasi dengan beberapa pihak dan meminta sejumlah dana. Akun tersebut juga mengirimkan nomor rekening sebagai tujuan pengiriman dana yang diminta.

Melansir dari Tribun News, Nadia menegaskan bahwa nomor WhatsApp miliknya telah diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab dan nomor rekening yang diberikan oleh peretas adalah bukan miliknya. Lebih lanjut, Nadia juga mengimbau masyarakat untuk mengabaikan pesan WhatsApp yang meminta sejumlah dana mengatasnamakan dirinya.

Dengan demikian, akun WhatsApp yang mengatasnamakan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.tribunnews.com/nasional/2021/02/24/akun-whatsapp-jubir-vaksinasi-covid-19-kemenkes-siti-nadia-tarmizi-diretas

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4492931/cek-fakta-waspada-akun-whatsapp-palsu-mencatut-nama-jubir-vaksinasi-covid-19-siti-nadia

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210224190351-20-610520/akun-whatsapp-jubir-vaksin-kemenkes-siti-nadia-diretas

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Akun WhatsApp Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Meminta Sejumlah Dana appeared first on [TurnBackHoax].

DMCA.com Protection Status