Clicky

Pangdam VI Mulawarman Cek Kawasan Cadangan Pangan di Kukar

KLIKSAMARINDA – Pangdam VI/Mulawarman Mayjend TNI Heri Wiranto kembali mengunjungi Kawasan Cadangan Pangan Strategis Nasional yang terletak di Desa Tanjung Batu, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara atau Kukar, Kalimantan Timur (Kaltim). Kunjungan Pangdam VI Mulawarman yang berlangsung Rabu, 16 Desember 2020 ini untuk memastikan progres penataan Kawasan Cadangan Pangan Strategis Nasional yang dicanangkan pada Oktober 2020 lalu.

Program sinergitas antara Korem 091/ASN dan Pemerintah Daerah Kukar serta pihak swasta dilaksanakan oleh satuan tugas pelaksana Kodim 0906/Tenggarong. Pembukaan kawasan ini juga sebagai bentuk upaya mengatasi kemungkinan kondisi ekonomi di masa saat atau pasca pandemi Covid-19.

Kehadiran Pandam VI/Mulawarman Heri Wiranto disambut Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Aling, Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting, Sekda Kukar Sunggono, menuju spot informasi pengembangan kawasan cadangan pangan strategis.

“Membantu kondisi ekonomi masyarakat kita sudah siapkan cadangan pangan, ini langkah yang sudah kita siapkan,” ujar Mayjen TNI Heri Wiranto.

Menurut Heri Wiranto, kawasan ini akan menggunakan Intergrated Farming System. Nantinya tidak hanya ada pertanian saja. Akan ada perkebunan, perikanan, dan peternakan. Secara terintegrasi akan saling menguntungkan.

Di lokasi terdapat informasi berupa gambaran dan luasan lahan yang sudah digarap, maupun yang sedang dalam proses penggarapan lahan yang dilakukan Dandim 0906/Tgr dibawah Binaan Teritorial Pangan Kodam VI/Mulawarman.

Usai melihat pengembangan cadangan pangan strategis nasional tersebut, Mayjen TNI Heri Wiranto melanjutkan peninjauan lokasi kawasan pertanian diawali dengan penaburan benih ikan.

Dari luasan total yang bakal dibuka seluas 460 hektare. Lahan di Desa Tanjung Batu cukup memadai. Akan dibuka secara bertahap, sejak awal baru dibuka 3 hektare.

Selanjutnya per 100 hektare hingga rampung 460 hektare. Heri Wiranto berani mematok progres yang sudah mencapai 37 persen ini, pada Agustus-September, kawasan cadangan pangan bisa terhampar seluruhnya.

“Sejauh ini kinerja Kodim saya kasih dua jempol,” ujar Mayjen TNI Heri Wiranto.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar Sunggono mengungkapkan siap bersinergi dalam program tersebut. Pemkab Kukar sudah mengumpulkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kukar.

“Memastikan pemerintah daerah bisa turut terlibat langsung, baik secara teknis ataupun administratif,” ujar Sunggono.

Sedangkan Dandim 0906/Tenggarong, Letkol (Inf) Charles Alling berterima kasih dengan kunjungan Pangdam VI/ Mulawarman untuk yang kedua kalinya. Kunjungan tersebut menjadi suntikan semangat bagi mereka untuk semakin giat mengerjakan lahan Kawasan Cadangan Pangan Strategis Nasional di Desa Tanjung Batu.

“Terimakasih atas kunjungan Pangdam VI/Mulawarman,” ujar Letkol (Inf) Charles Alling. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status