Clicky

Langsat Air Putih Samarinda Terdaftar di Kementan

KLIKSAMARINDA – Samarinda, Kalimantan Timur atau Kaltim kini memiliki varietas unggulan lokal yang terdaftar di Kementerian Pertanian. Varietas lokal tersebut adalah Langsat Air Putih.

Dalam sertifikat Tanda Daftar Varietas Tanaman Varietas Lokal Nomor 1256/PVL/2019, disebutkan bahwa varietas tersebut telah terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian.

Selain itu, varietas tersebut telah menjadi milik masyarakat di wilayah yang bersangkutan sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku dan dicatat dalam Daftar Umum PVT.

”Dengan demikian, varietas tersebut telah terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian dan telah menjadi milik masyarakat di wilayah yang bersangkutan sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku dan dicatat dalam Daftar Umum PVT,” demikian bunyi dalam sertifkat tersebut.

Sebelumnya, Wali Kota Samarinda telah memohonkan varietas Langsat Air Putih kepada Kementerian Pertanian agar terdaftar dan mendapatkan perlindungan pada 4 November 2019 lalu.

Permohonan tersebut berdasarkan kerja sama antara Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Timur dengan Unit Pelaksana Teknis Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim dan Dinas Pertanian Kota Samarinda .

Tim ini melakukan penelitian dan mendeskripsikan Langsat Air Putih sehingga termasuk varieta lokal yang terdaftar di Kementerian Pertanian. Langkah ini sebagai upaya pelestarian sumber daya genetik lokal. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status