News

Kisah Evakuasi Wakil Bupati Kutai Timur Yang Tenggelam Oleh Anggota TNI AL

KLIKSAMARINDA – Dua kapal penolong dari Pos pengamatan Aquatic dari Pos Aquatic Tanjung Bara dan Speed Boad Patroli Pos Angkatan Laut Muara Sangatta diturunkan oleh Pangkalan angkatan Laut Sangatta kelokasi tenggelamnya Kapal yang mengangkut Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang, pergi memancing.

Komandan Pos Pengamatan Aquatic, Pelda SAA Sahlang, menyatakan atas perintah Komandan Pangkalan Angkatan Laut Sangatta, Letkol Laut (P) Osben Alibos Naibaho, pihaknya langsung menuju ke lokasi kejadian setelah mendapatkan infomasi musibah tersebut dari ajudan Wakil Bupati. Pihaknya pun langsung berkoordinasi dengan Danposal Muara Sangatta beserta pos jaga Posmat Aquatic untuk melakukan pertolongan/SAR.

Menurut Pelda SAA Sahlang, Danposmat Aquatic menggunakan 1 unit speed patroli berangkat dari Pos Aquatic Tanjung Bara sekitar pukul 01.00 WITA. Sedangkan Danposal Muara Sangatta berangkat dari Muara Kenyamukan menggunakan 1 unit speed patroli.

Setelah melakukan pencarian dengan medan yang cukup berat ditambah cuaca yang kurang mendukung pada pukul 02.20 WITA, para korban ditemukan di posisi patok satu dan sedikit mendekatit Rig Pertamina atau perbatasan antara Kutim dengan Bontang karena kapal sempat terbawa arus ke pinggir.

“Saat ditemukan, seluruh pemancing yang berjumlah 10 orang sudah menggunakan pelampung dan sebagian duduk di atas punggung kapal. Sebagian lainnya berada di air dengan memegang box ikan agar tetap terapung. Selanjutnya para korban diangkut menggunakan dua kapal AL dan dievakuasi menuju Dermaga Pertamina serta Pantai Teluk Lombok,” ujar Pelda SAA Sahlang, Minggu 10 Mei 2020.

Saat ditemukan, kondisi Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang yang turut dalam rombongan dalam keadaan sehat. Namun, menurut Pelda SAA Sahlang, kondisinya sedikit terlihat shook.

Sementara satu penumpang harus mendapatkan perawatan di atas kapal karena mengalami keram perut. Tetapi kondisinya membaik setelah tiba di darat.

“Saat dievakuasi seluruhnya dalam kondisi baik. Para penumpang sempat beristirahat di pos kemudian melanjutkan perjalanan pulang. Saat ini kapal yang tenggelam juga sudah dipindahkan dari tempat tenggelamnya,” tutup Sahlang. (Jie)