NewsPemkot Samarinda

Pemungutan Suara Ulang di Kota Samarinda Berlangsung Tertib, Antusiasme Warga Tinggi

KLIKSAMARINDA – Warga RT 01 Kelurahan Tenun Kecamatan Samarinda Seberang tampak antusias untuk memberikan hak suaranya pada pelaksanaan pemungutan suara ulang di TPS 01 dan TPS 02 Kelurahan Tenun pada Sabtu pagi 24 Februari 2024.

Dengan membawa undangan C-6 yang diberikan KPU Kota Samarinda, satu per satu warga RT 1 mendatangi kantor Kelurahan Tenun untuk menyampaikan hak suaranya di TPS yang berada tepat di halaman dan kolong kantor Kelurahan Tenun.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, Bawaslu Kota Samarinda memberlakukan pengamanan ketat. Hanya pemilih yang memiliki undangan yang diperbolehkan masuk dengan disertai dengan KTP.

Abdul Muin, Ketua Bawaslu Kota Samarinda, mengatakan bahwa PSU di Kota Samarinda berlangsung tanpa hambatan bahkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih. Menurutnya, lokasi TPS yang terjangkau dan akses yang mudah telah mendorong minat warga untuk menggunakan hak suaranya.

“Yang terlihat tentu kondusivitas dan strategisnya ya. Ini terjangkau dan kemudian akses juga enak, mudah didatangi oleh masyarakat yang menggunakan hak suaranya. Ketiga faktor kondusivitasnya,” ujar Abdul Muin.

Sementara itu, Kepala Kesbangppol Linmas Kota Samarinda Sucipto, yang melakukan monitoring pelaksanaan PSU mengatakan bahwa tingkat partisipasi pemilih meningkat pada pelaksanaan PSU.

“Saya rasa sampai jam 9 tadi saya kunjungi itu 50 persen yang hadir. Karena masing-masing TPS itu kurang lebih 200, rata-rata yang hadir 90 sampai 100 orang,” tutur Sucipto, Sabtu siang.

PSU terselenggara berkat bantuan aparat keamanan, penyelenggara, pengawas, dan masyarakat. Sehingga harapannya PSU bisa berkontribusi untuk menentukan pemimpin Kota Samarinda lima tahun ke depan. (Suriyatman/Adv/PemkotSamarinda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status