Persiapan Timnas U-23 Hadapi SEA Games Hanoi

Plt Sekretaris PSSI, Yunus Nusi

KLIKSAMARINDA – Timnas U-23 anak asuh shin Tae Yong kembali mencari lawan tanding guna mempersiapkan diri menghadapi SEA Games Hanoi 2021 yang akan berlangsung pada November sampai Desember. Menurut Plt Sekretaris PSSI, Yunus Nusi, Timnas U-23 menargetkan untuk meraih medali emas dalam ajang tersebut.

Tahun lalu, medali urung diraih setelah kalah dari Vietnam di partai puncak. Karena itu, menurut Yunus Nusi, Tim U-23 harus benar-benar serius dalam mempersiapkan diri.

Untuk itu rencananya Timnas akan mengundang Argentina U-23 dan Pantai Gading U-23 untuk melawan Indonesia di Jakarta. Sebelumnya, Timnas U-123 memperoleh hasil maksimal dalam dua kali uji coba melawan tim liga 1 Tira Persikabo dan Bali United.

“Saat ini kita masih menunggu regulasi dan prosedur pengamanan protokol kesehatan yang akan dilakukan, mengingat saat ini timnas Argentina U-23 sedang melakukan tour ke Asia untuk melakukan uji tanding, begitu juga dengan Pantai Gading,” ujar Yunus Nusi saat memantau persiapan Tim Pra PON cabor sepak bola Kaltim di Stadion Sempaja Samarinda Jumat Sore, 12 Maret 2021.

“Bulan maret ini karena sangat disayangkan kalau kita tidak mengambil kesempatan ini. Ajang uji coba dan pertemuan ini diharapkan bisa menambah pengalamanan bertanding bagi Timnas U-23,” ujar Yunus Nusi.

Rencana lainnya, Juni mendatang Timnas U-23 sudah melanjutkan kualifikasi Pra Piala Dunia yang rencananya akan berlangsung di Dubai. Hanya saja, menurut Yunu Nusi, uji coba itu tidak bisa diwujudkan dalam waktu dekat karena peraturan ketat perjalanan antar negara.

”Argentina sementara masih hold karena situasi di sana yang masih belum memungkinkan untuk ke luar. sementara itu kita juga sudah menyiapkan uji coba lain melawan Pantai Gading, namun Kami masih tunggu perkembangan,” ujar Yunus Nusi.

Yunus mengakui bahwa selama masa Pandemi Covid 19 ini PSSI kesulitan menemukan tim tanding yang tangguh. Jika tidak terhalang pandemi, Timnas melakukan TC di luar negeri

Saat ini harapan kita hanya pada persiapan tim yang terus dilakukan pelatih Shin,” ujar Yunus Nusi. (Jie)