Clicky

Pegawai MPP Pemprov Kaltim Belajar Usaha Cokelat Ndalem Yogyakarta

KLIKSAMARINDA – Para peserta PNS pra purna tugas di lingkungan Pempov Kaltim yang tengah mengikuti pembekalan seminar dan konseling di Yogyakarta mengunjungi langsung potensi usaha di lapangan.

Para peserta PNS pra purna tugas ini melakukan kunjungan ke tempat produki Cokelat Ndalem yang beralamat di Jalan Bhayangkara, Nomor 23, Ngampilan, Yogyakarta, Kamis 24 Juni 2021. Dalam kegiatan ini tidak lupa panitia dan peserta menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Para peserta PNS dipandu oleh para karyawan Cokelat Ndalem. Para peserta melihat dan mempelajari langsung bagaimana proses pembuatan Cokelat Ndalem, mulai bahan mentah hingga menjadi produk siap konsumsi.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim, Diddy Rusdiansyah, melalui kunjungan ini diharapkan akan menambah wawasan maupun manfaat bagi peserta PNS di lingkungan Pemprov Kaltim.

”Dengan kunjungan ini diharapkan akan menambah wawasan maupun manfaat bagi peserta PNS di lingkungan Pemprov Kaltim yang akan purna tugas tahun 2024 tersebut di bidang wirausaha,” ujar Diddy Rusdiansyah.

Pemilik Cokelat Ndalem, Meika Hazim menceritakan, cokelat yang dibuatnya bisa menceritakan budaya Indonesia. Cokelat Ndalem juga memiliki konsep produk yang menarik.

Cokelat Ndalem dibuat dengan mengangkat budaya lokal dan cita rasa khas Indonesia. Di tiap kemasan cokelatnya, Meika menyajikan berbagai cerita rakyat khas Indonesia. Desain produknya pun kental dengan budaya lokal, khususnya Jawa.

Wanita lulusan Universitas Gadjah Mada itu juga mengungkapkan dengan jumlah pegawai 12 orang yang dimiliki bisa memproduksi sekitar 500 kg cokelat dalam satu bulannya.

”Kemasan itu terdiri dari 235 cokelat kemasan besar atau 400 cokelat kemasan kecil per hari,” ujar Meika Hazim.

Dari produksi cokelat itu, usaha Meika Hazim mampu meraup omset puluhan juta dan ratusan juta rupiah per bulan dari bisnis cokelat citarasa Indonesia ini. (*)

DMCA.com Protection Status