Ragam

Melihat Pemandangan Sungai Mahakam di Bukit Lonceng Samarinda

KLIKSAMARINDA – Gunung Lonceng yang juga popular dengan nama Gunung RCTI di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) menyajikan panorama yang indah. Lokasi bukit yang terletak di Jalan Dwikora, Kelurahan Mangkupalas, Kecamatan Samarinda Seberang ini strategis dengan ketinggian yang memadai untuk menikmati keindahan alam.

Ada banyak spot menarik bagi pecinta foto dengan latar belakang Sungai Mahakam dan pemukiman Samarinda. Antara lain perahu, tangan raksasa, sarang burung raksasa, hingga ayunan yang yang menarik dan banyak dicari warga.

Para pengunjung bisa masuk lokasi ini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5 ribu dan biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp3 ribu dan roda empat sebesar Rp5 ribu. Kawasan ini dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 WITA-23.00 WITA.

Awalnya lokasi ini merupakan kebun masyarakat. Namun, dua sahabat yang berprofesi petani sayuran di Gunung Lonceng, yaitu Sayid Gazali Bahasyim dan Sahyudin mengubah kawasan ini menjadi wahana pariwisata warga.

Menurut Sahyudin, ide mengembangkan lokasi ini karena kegagalan menanam sayuran. Rendahnya curah hujan membuat tanaman mereka mati. Mereka mengalami kerugian dan mencoba untuk memanfaatkan keindahan alam ini sebagai tempat pariwisata.

“Karena keadaan, lahan ini untuk berkebun. Semenjak adanya pohon terbuka. Setiap hari selalu ada orang yang datang ke sini,” ujar Sahyudin.

Para pengunjung juga melihat matahari terbit dan matahari terbenam dari kawasan ini. / kaltim yang datang ketempat ini untuk menikmati panorama indah yang ramai dibicarakan di media sosial//

“Lokasinya memang cukup butuh perjuangan. Tapi sampai di atas senang. Kalau menurut saya lumayan bagus, keren dan kratif” ujar Clara dan Meli, warga Mugirejo, Samarinda. (Jie)