Lawatan ke Lokasi IKN, Rombongan Uni Eropa Terima Paparan Bupati PPU

KLIKSAMARINDA – Usai melakukan pertemuan di Kantor Gubernur Kaltim pada Selasa 26 Oktober 2021 kemarin, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam H.E. Vincent Piket mendatangi lokasi kawasan ibu kota negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu 27 Oktober 2021.

Menerima rombongan di ruang rapat kerja Bupati PPU lantai III Setkab PPU, hadir Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas’ud (AGM).

Pada pertemuan ini, AGM menyatakan kesiapan dan hal-hal seputar hadirnya Ibu Kota Negara Baru (IKN) di wilayah Kabupaten PPU Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam dialog dengan Dubes Uni Eropa H.E. Vicent, Bupati Abdul Gafur Mas’ud menyampaikan terkait luasan wilayah Kabupaten PPU yang berjumlah 3.333 Km2. PPU juga, menurut Bupati Abdul Gafur Mas’ud, memiliki sejumlah potensi yang dapat ditumbuh kembangkan baik dalam bidang ekonomi hingga investasi yang tersebar di empat Kecamatan.

Tak hanya itu, Bupati Abdul Gafur Mas’ud juga menjelaskan, hingga saat ini dalam persiapan pembangunan IKN sepenuhnya dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Namun, untuk ke depannya ketika Pemerintah pusat membangun pusat pemerintahan baru IKN, Kabupaten PPU nantinya akan membangun tiga kota satelit sebagai pendukung sarana konektifitas wilayah dan hadirnya para Penduduk dari luar wilayah PPU dengan merujuk konsep pembangunan kota satelit yang forest city.

“Pembangunan kota setelit ini sangat membuka peluang kerjasama dan investasi sehingga mendukung proses terwujudnya pembangunan di Kabupaten Penajam Paser Utara bersama dengan hadirnya IKN serta sarana pendukung lainnya,” ujar Bupati Abdul Gafur Mas’ud.

Bupati Abdul Gafur Mas’ud berharap terciptanya sinergi yang baik untuk kedepan dalam mendukung upaya Pemerintah, baik Pemerintah Provinsi hingga Kabupaten dalam mempersiapkan hadirnya IKN di wilayah PPU.

“Baik dari pengembangan teknologi, pembangunan infrastruktur, hingga investasi dalam membangkitkan sektor potensi yang ada di Kabupaten PPU,” ujar Bupati Abdul Gafur Mas’ud.

H.E Vincent Piket mengatakan kedatanganya ke PPU sekaligus melakukan tinjauan ke lokasi IKN. Pihaknya berencana membangun kantor baru. Tetapi keputusan itu menunggu pengesahan undang undang IKN.

Kedatangannya juga sebagai bagian dari sosialisasi perundingan perjanjian perdagangan bebas antara pemerintah dengan Uni Eropa.

“Kita ada rencana untuk melakukan studi terhadap kantor baru di IKN. Tetapi kita masih menunggu konfirmasi dari pemerintah pusat tentang undang- undang ibukota baru,” ujar Vincent Piket yang melanjutkan tinjauan ke lokasi IKN di Kecamatan Sepaku didampingi Ketua Kadin Kaltim, Dayang Donna Faroek. (*)