Kantor Bahasa Kaltim Gelar Uji Coba Dinamis UKBI

KLIKSAMARINDA – Kantor Bahasa Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan Uji coba Dinamis Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) tahun 2020. Uji coba Dinamis UKBI ini dilakukan serentak dilakukan di seluruh Indonesia sejak Agustus-September 2020 dengan target peserta sebanyak 3400 orang.

Pembukaan Uji Coba Dinasmis UKBI di Kantor Bahasa Kaltim berlangsung virtual pada Senin, 14 September 2020 oleh Kepala Kantor Bahasa Kaltim, Anang Santoso diikuti diikuti sekitar 50 peserta Uji coba Dinamis UKBI.

Menurut Anang Santoso, peserta ujicoba dinamis UKBI di Kaltim ini terdiri atas pelajar SD/SMP/SMA/SMK, mahasiswa, guru, dosen, peneliti, wartawan, karyawan negeri/swasta, dan profesi lain. Uji coba berlangsung pada 14—17 September 2020 dan berlangsung di ruang UKBI Kantor Bahasa Kaltim.

“UKBI dimaksudkan sebagai alat untuk mengukur tingkat kemahiran berbahasa Indonesia, terutama ragam resmi, peserta uji berdasarkan perangkat soaldan menetapkannya di dalam sebuah skala. Dalam masa pandemi ini, Uji coba dilakukan dengan cara beradaptasi sesuai aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah,” ujar Anang Santoso.

Anang Santoso melanjutkan, saat ini Kantor Bahasa Kaltim telah memiliki Tempat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (TUKBI) sejak 2019. Namun, partisipasi masyarakat untuk mengikuti UKBI di Kaltim terhitung masih rendah.

Padahal, UKBI ini menjadi indikator dari kecintaan kepada Bahasa Indonesia. Untuk UKBI secara mandiri, ada biaya pendaftaran peserta UKBI. Besarannya antara lain pelajar/mahasiswa Rp135 ribu, masyarakat umum Rp300 ribu, dan warga negara asing Rp1 juta.

“Kantor Bahasa Kaltim memiliki 40 unit alat uji. Namun, untuk pengujian belum maksimal,” ujar Anang Santoso.

Pada praktiknya, UKBI tersebut akan mulai berlangsung pada 15-17 September 2020 di Kantor Balai Bahasa Kaltim. Peserta akan terbagi ke dalam beberapa kelompok berbeda setiap harinya. Menurut Koordinator pelaksana UKBI, Aquari Mustikawati, hal tersebut untuk mengurangi kerumuman dan membatasi jarak antar peserta pada saat pelaksanaan.

“Panitia tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kami menyediakan alat mencuci tangan, mewajibkan penggunaan masker, serta melakukan sterilisasi pada alat UKBI,” ujar Aquari Mustikawati.

Adapun setiap peserta uji coba dinamis UKBI ini akan melalui tiga tahapan materi uji, yaitu
Seksi I Mendengarkan/Menyimak, Seksi II Merespons Kaidah, dan Seksi III Membaca. (*)