Gadis Samarinda Gabung Skuad Persebaya Women

KLIKSAMARINDA – Konstelasi sepakbola Kota Samarinda Kalimantan Timur tak hanya memiliki prestasi untuk kaum Adam. Pun, para punggawa sepakbola dari kaum hawa tak kalah berprestasi, bahkan di kancah nasional.

Adalah Citra Ramadhani, seorang atlet sepakbola kelahiran Kota Tepian yang berkecimpung dalam sepakbola wanita level nasional. Perempuan yang kini tengah menyelesaikan skripsi di sebuah perguruan tinggi tersebut ternyata lolos seleksi Persebaya Women.

Dalam karirnya, Citra Ramadhani mampu menembus skuad Persebaya Surabaya Putri dan bermain di Liga 1 Putri Tahun 2019 lalu. Gadis berusia 22 tahun tersebut mengakui mulai menyukai bermain sepakbola sejak kelas 4 SD.

Namun, ketika menginjak pendidikan SMP dan SMA, Citra sempat vakum dalam olahraga ini.

”Saya mulai suka sepakbola dan bermain sejak kelas 4 SD sama teman-teman cowok. Kalau main bola di lapangan sekolah. Tapi waktu SMP dan SMA sempat berhenti,” ujar Citra Ramadhani, 22 April 2021.

Ketertarikan Citra Ramadhani terhadap dunia sepakbola rupanya berlanjut saat kuliah. Sewaktu kuliah, Citra mendengar ada peluang saat PSSI membua Liga 1 Putri. Citra pun bergabung dengan sebuah akademi sepakbola lokal.

”Sejak itu ingin ikut Liga dan mulai latihan juga ikut SSB Mekarjaya Akademi di Kilo 5, Loa Janan pada 2019. Jadi latihan terus di sana sebelum Liga 1 Putri dimulai. Hampir setiap hari, pagi sore, latihan,” ujar Citra.

Dalam meniti karir dalam dunia sepakbola, Citra bukan tanpa halangan. Pun dari orang tuanya. Saat akan berangkat ke Surabaya, Citra didampingi pelatih SSB Mekar Jaya, Adi dan mengikuti seleksi Persebaya Surabaya.

Citra mengakui sempat ada keraguan karena kekhawatiran dari orang tua.

”Ikut SSB di Surabaya bersama HBS (Houdt Braef Standt) dan latihan selama 2 bulan di Surabaya. Orang tua berdoa supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujar Citra Ramadhani.

Saat mengikuti seleksi, pesaing Citra hampir 300 perserta dari berbagai penjuru Indonesia. Namun, berkat motivasi dan latihan sejak dari Samarinda hingga Surabaya, Citra Ramadhani akhirnya terpilih dalam skuad Persebaya Surabaya Women.

Citra masuk Line Up di beberapa seri Liga 1 Putri dengan posisi gelandang serang.

”Senang banget. Atmosfer Persebaya Surabaya sebagai tim besar sangat medukung permainan. Suporter Bonek juga mendukung dan menambah semangat,” ujar Citra.

Dalam dunia sepakbola, Citra mengakui mengagumi pemain Christiano Ronaldo. Citra memiliki alasan tersendiri mengagumi pemain satu ini.

”Jiwa leadershipnya suka, caranya dia merangkul tim bisa menjadi contoh dalam membangun kekompakan sebagai tim,” ujar Citra.

Dalam karir sepakbola,Citra Ramadhani memiliki target untuk dapat bergabung dengan Timnas Putri. Citra optimis bahwa pemain sepakbola putri asal Kalimantan Timur mampu berkiprah di level nasional

Cita-cita Citra tetap menyala mekipun saat ini masih pandemi. Citra memilih untuk latihan mandiri dan bersama akademi sepakbola. Harapannya saat ini antara lain, ”Saya usul kepada Askot PSSI setempat untuk mengadakan kompetsi dan pembinaan sepakbola wanita,” ujar Citra. (*)