19 April 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

KPU Kaltim Distribusikan Surat Suara ke Sembilan Kabupaten Kota


KPU Kaltim Distribusikan Surat Suara ke Sembilan Kabupaten Kota
Komisioner KPU Kaltim, Divisi Hukum dan Pengawasan, Fahmi Idris

KLIKSAMARINDA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Senin siang, 15 April 2019, telah menuntaskan distribusi kertas suara ke-9 Kabupaten dan Kota di Kaltim. Komisioner KPU Kaltim, Divisi Hukum dan Pengawasan, Fahmi Idris mengatakan, surat suara yang datang berdasarkan perhitungan perbaikan atau pemutakhiran data Daftar Pemilih Tetap (DPT) serta dari kertas suara yang mengalami kerusakan saat perjalanan menuju Kabupaten atau Kota.

Sembilan daerah itu adalah Kabupaten Paser, Kabupaten Kukar, Kabupaten Berau, dan Kabupaten Kubar. Selain itu, distribusi juga telah rampung di Kabupaten Kutim, Kabupaten PPU, Kabupaten Mahulu, Kota Samarinda dan kota Bontang.

"H-1 kertas surat suara sudah diterima Panitia Pemungutan Suara," ujar Fahmi.

Lebih lanjut. Ketua KPU Kutim periode lalu itu merincikan jumlah surat suara yang telah terdistribusikan ke kabupaten/kota yakni, Kabupaten Penajam Paser 1.586 lembar, Kabupaten Kukar 1.037 lembar.
Sementara untuk Kabupaten Berau 2.722, lalu Kabupaten Kubar 1.342, Kabupaten Kutim 750, lalu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berjumlah 4.917.

Sedangkan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) sebanyak 4.311, Kota Samarinda 3.464 dan Kota Bontang 539 kertas surat suara.

"Kami akan bekerja semaksimal mungkin secara penuh untuk menyiapkan segala keperluan kepemiluan di setiap TPS," tukasnya.

Dari pantauan media ini, surat suara setelah didata KPU Kaltim akan diantar menggunakan kendaraan pick up dan kendaraan roda empat bergantung jumlah muatan yang didistribusikan. Datangnya surat suara dijaga ketat petugas keamanan. Kertas surat suara itu dibungkus karung plastik sintesis.

Fahmi menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Rabu, 17 April 2019 pukul 07.00 WITA sampai dengan 13.00 WITA. Menurutnya, dengan memberikan suara baik Pilpres dan Pileg, aspirasi masyarakat dapat tersalurkan melalui perwakilannya di parlemen maupun memilih Presiden dan Wakil Presiden periode lima tahun mendatang.

"Dengan memberikan suara di TPS masyarakat dapat menentukan wakilnya di dewan dan nahkoda kapal bernama Republik Indonesia lebih baik lagi," terangnya.

Pun Fahmi menjelaskan, proses penghitungan dan rekapitulasi secara Real Time dan Real qount mulai dari tingkat PPK atau Kecamatan pada tanggal 18 April-4 Mei 2019. Sementara rekapitulasi di tingkat Kabupaten pada tanggal 18 April-5 Mei. Di tingkat Provinsi pada tanggal 22 April sampai dengan 13 Mei 2019.

Untuk Rekapitulasi hingga tingkat nasional pada tanggal 25 April sampai dengan tanggal tanggal 22 Mei 2018.

"Dari kalender kerja KPU, penjadwalan telah disusun KPU berlaku seluruh Indonesia dan berjenjang mulai dari penghitungan di TPS hingga ke pusat. Jadwal tahapan berjenjang ini memastikan tidak ada selisih suara di masing-masing tingkatan," terangnya.

Jadwal sesuai kalander kerja kepemiluan (Sumber KPU)
17 April 2019 : 1.Hari pemungutan suara. 2. Penghitungan Suara.
18 April : - Rekapitulasi Penghitungan Suara kepada PPK.
19 April : 1. Rekapitulasi & penetapan hasil suara tingkat Kecamatan tingkat Kecamatan. 2. Penyampaian Rekapitulasi penghitungan suara ke KPU/KIP Kabupaten/Kota.
21 April : 1. Rekapitulasi & Penetapan hasil suara tingkat kabupaten dan Kota. 2. Pengumuman Rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kabupaten/Kota.
22 April : Penyampaian hasil rekapitulasi penghitungan suara kabupaten Kota kepada KPU Provinsi.
23 April : Rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Provinsi. 2. Pengumuman Rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat provinsi.
24 April : penyampaian hasil rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu kepada KPU.
2 Mei 2019 : Rekapitulasi Penetapan hasil penghitungan suara tingkat Kecamatan.
3 Mei : Pemunguman rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kecamatan.
4 Mei. : Penyampaian hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan kepada KPU Kabupaten/Kota.
6. Rekapitulasi pemungutan suara tingkat kabupaten/kota. 2. Pemungutan rekapitulasi suara tingkat Kabupaten/Kota.
7 Mei : Penyampaian hasil penghitungan suara kabupaten/kota kepada Kaltim.
9 Mei : Rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi.
11 Mei : 1. Pengumuman rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu kepada KPU. 2. Penyampaian Rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu kepada KPU.
12. Pengajuan permohonan sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) RI.
15 Mei : Penyampaian hasil audit LPPDK dari KAP kepada KPU/ KPU Provinsi & KPU Kabupaten Kota.
17 Mei : penyampaian hasil Audit kepada peserta pemilu. 2. Pengumuman hasil Audit. (*)




Comments

comments


Komentar: 0