19 April 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Masyarakat Dihimbau Tidak Sebar Hoax Tsunami di Banggai


Masyarakat Dihimbau Tidak Sebar Hoax Tsunami di Banggai
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho

KLIKSAMARINDA.COM - Peringatan dini tsunami setelah gempa M 6,9 yang mengguncang Sulawesi Tengah, telah dicabut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menyayangkan beredarnya hoax tsunami di Banggai selepas gempa tersebut.

“Beredar banyak hoax tentang tsunami di Banggai. Mohon untuk tidak ikut-ikutan menyebarkan hoax. Berdasarkan laporan BPBD Kab Banggai dan BPBD Banggai Kepulauan, tidak terpantau ada tsunami. BMKG juga sudah mengakhiri peringatan dini tsunami. Lakukan cek lebih dahulu,” kata Sutopo melalui akun Twitter-nya, Jumat 12 April 2019.

Dalam cuitannya, Sutopo juga mengunggah sejumlah pesan hoax yang menyatakan Banggai sudah diterjang tsunami. Sutopo meminta semuanya memikirkan perasaan warga yang terdampak gempa.

“Hoax tsunami di Banggai dalam berbagai bentuk banyak beredar di medsos. Laporan dari BPBD dan relawan, kondisi di Luwuk Banggai tidak ada tsunami. BMKG juga sudah mengakhiri peringatan dini tsunami. Ayo, jangan ikut-ikutan menyebarkan hoax. Kasihan warga yang tambah panik,” imbau Sutopo.

“Kondisi pantai di Luwuk Kab Banggai aman dan normal. Tidak ada tsunami. Mohon masyarakat tetap tenang dan waspada. Jangan percaya dengan informasi yang menyesatkan. Banyak hoax disebarkan oknum. Tetap waspada,” pesan Sutopo. (*)




Comments

comments


Komentar: 0