19 April 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Fitur Anyar, Facebook dan Line Permudah Perkenalan Kandidat Peserta Pemilu 2019


Fitur Anyar, Facebook dan Line Permudah Perkenalan Kandidat Peserta Pemilu 2019
Fitur anyar Facebook perkenalkan kandidat pemilu 2019. (Capture)

KLIKSAMARINDA.COM - Jelang Pemilu 2019 yang digelar pada Rabu, 17 April 2019 mendatang, sejumlah platform komunikasi dan media sosial, seperti Facebook dan Line merilis fitur baru guna memudahkan calon pemilih untuk menentukan pilihan.

Dalam aplikasi berbasis komunikasi online, Facebook juga meluncurkan fitur "Candidate Info" pada 2 April 2019 melalui opsi Kabar Beranda atau News Feed ada di Halaman Beranda Facebook.

Dalam fiturnya, "Candidate Info" ini menampilkan video berdurasi 20 detik yang dibuat oleh para kandidat dan tim produksinya.

Video tersebut menampilkan perkenalan diri para kandidat dan jawaban mereka yang mengacu pada beberapa pertanyaan seputar peningkatan kesejahteraan masyarakat, rencana kandidat jika terpilih, dan sikap kandidat untuk memberantas korupsi.

"Ini merupakan upaya kami untuk membangun komunitas yang lebih bermasyarakat dan teredukasi dengan informasi yang tepat. Kami yakin bahwa dengan membantu orang memahami profil para kandidat, kami dapat membantu menciptakan komunitas yang lebih baik," tulis pihak Facebook.

Tak hanya ingin mengenalkan kandidat kepada calon pemilih, Facebook juga berupaya membuat masyarakat mampu membandingkan para kandidat agar mereka dapat memilih keputusan berdasar.

Fitur "Candidate Info" juga memungkinkan calon pemilih untuk mengunjungi halaman Facebook mereka dan menemukan posisi para kandidat.

"Setiap harinya kami melihat orang menggunakan Facebook untuk berdiskusi tentang percakapan politis. Kami bekerja keras untuk membuat orang lebih mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dalam membuat keputusan menjelang pemilihan umum," tulis pihak Facebook.

Dengan adanya fitur ini, Facebook memungkinkan orang-orang bisa dengan mudah berbagi update bahwa mereka telah memilih pada hari pencoblosan.

Selain itu, aplikasi komunikasi Line turut pula menghadirkan fitur "Pemilu 2019" sejak 14 Maret 2019. Dalam fitur itu, sama seperti Facebook, juga terdapat daftar nama dari calon presiden-calon wakil presiden, kandidat DPR, dan kandidat DPD.

Jika kita ingin mengetahui kandidat yang nantinya akan dipilih, tinggal klik saja pada foto atau nama kandidat tersebut.

Kemudian, muncul tampilan profil kandidat tersebu. Calon pemilih bisa mengetahui usia, agama, pendidikan terakhir, pekerjaan, tanggal lahir, tempat lahir, dan slogan dari profil capres-cawapres.

Sementara, untuk kandidat DPR dan DPD, calon pemilih bisa mengetahui asal partai politik, usia, pendidikan, hingga cakupan daerah mana saja yang nantinya akan dipimpin oleh kandidat tersebut.

Tak hanya itu, dalam opsi DPR dan DPD ini, calon pemilih bisa mengetahui keseluruhan kandidat berdasarkan lokasi dari 34 provinsi dan juga urutan kandidat berdasarkan partai politiknya.

Hingga saat ini, fitur "Pemilu 2019" masih tersedia di aplikasi Line. (*)

Reporter : Robbi/KlikSamarinda    Editor : NR Syaian



Comments

comments


Komentar: 0