19 April 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Dua PNS Yang Tertangkap Konsumsi Sabu Jalani Assesment BNNP Kaltim


Dua PNS Yang Tertangkap Konsumsi Sabu Jalani Assesment BNNP Kaltim
Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP)Kalimantan Timur (Kaltim) melaksanakan assesment

KLIKSAMARINDA.COM - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP)Kalimantan Timur (Kaltim) melaksanakan assesment terpadu terhadap 2 orang berinisial MS dan MJ, PNS Pemkot Samarinda, yang diguga terlibat dalam kasus konsumsi narkotika golongan 1 jenis sabu-sabu.

Kegiatan assesment dilakukan oleh 2 Tim Assesment Terpadu (TAT), yakni tim assesment hukum, yang terdiri dari penyidik BNN, penyidik Polri dan Jaksa. Tugas tim ini menganalisis keterlibatan tersangka dari sisi tindak pidana/hukum.

Tim kedua berasal dari unsur dokter dan psikolog BNN yang disebut tim assesment medis. Tugas tim ini untuk menentukan tingkat adiksi/kecanduan tersangka serta kondisi fisik dan psikisnya setelah menjadi penyalah guna narkotika.

Assesment ini merupakan salah satu hak penyalahguna narkoba yang diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Khususnya Pasal 54 dan 127 dan Surat Edaran Mahkamah Agung No 04 Tahun 2010 serta Peraturan Bersama 7 lembaga kementerian tentang penanganan pecandu/korban penyalahgunaan narkotika ke dalam lembaga rehabilitasi.

Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Kalimantan Timur, Halomoan Tampubolon menjelaskan Assesment yang dilakukan didasarkan pada aturan tersebut diatas. Halomoan menjelaskan, kegiatan tersebut juga sebagai sarana untuk menegakkan indikasi keterlibatan sejauh mana peran para tersangka dalam penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Output assesment berupa rekomendasi BNN yang nantinya dilampirkan dalam berkas perkara sebagai salah satu pertimbangan bagi hakim untuk membuat putusan pengadilan tetap, ujar Halomoan melalui rilis BNNP Kaltim, 25 Maret 2019. (*)

Reporter : Pers Release    Editor : Klik Samarinda



Comments

comments


Komentar: 0