26 Maret 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Rencana Pembangunan Pabrik Semen di Kawasan Kutim Berlanjut, Cina Jadi Investor


Rencana Pembangunan Pabrik Semen di Kawasan Kutim Berlanjut, Cina Jadi Investor
Gubernur Kaltim menyimak pemaparan rencana pembangunan pabrik emen di Kutai Timur dari Komisi Pengembangan dan Reformasi Provinsi Zhejiang Xu Xing, Jumat 15 Maret 2019 (Foto: humasprovkaltim)

KLIKSAMARINDA.COM – Potensi sumber daya alam (SDA) Kalimantan Timur tetap menjadi daya tarik investor dari luar negeri untuk menanamkan modalnya di Bumi Etam. Adalah Provinsi Zhejiang, Republik Rakyat Tiongkok melalui HongShi Holding Groups Co. Ltd. yang berencana membangun pabrik semen di wilayah Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Kunjungan Pemerintah Provinsi Zhejiang dipimpin Wakil Direktur Jenderal Komisi Pengembangan dan Reformasi Provinsi Zhejiang, Xu Xing ke Pemprov Kaltim. Rombongan Pemprov Zhejiang diterima Gubernur Kaltim, Isran Noor dan Wakil Gubernur, Hadi Mulyadi beserta jajaran di Ruang Rapat Tepian 2, Lantai II, Kantor Gubernur Kaltim, Jumat 15 Maret 2019.

Setelah mendengarkan presentasi dari Pemprov Zhejiang dan HongShi Holding Groups, Gubernur Isran Noor menyambut baik rencana investasi untuk pembangunan pabrik semen di Kutai Timur. Namun, lanjutnya, pembangunan tersebut harus memperhatikan aspek lingkungan dan terpenting menyerap tenaga kerja lokal sebanyak-banyaknya.

“Terima kasih atas penjelasan ini. Untuk tenaga kerja nantinya, saya tegaskan, tenaga asing boleh masuk namun untuk tenaga teknis dan manajemen. Dan harus ada transfer teknologi ke daerah,” tegas Isran Noor, dilansir dari website resmi Pempov Kaltim.

Selain penyerapan tenaga kerja lokal dan kelestarian lingkungan, investor harus sudah punya program yang jelas terkait penyaluran corporate social responsibility (CSR) bagi masyarakat di lingkungan sekitar pabrik.

Pembangunan pabrik semen ini direncanakan menelan biaya 1 milyar Dolar Amerika dengan green technology (zero dust) dan menyerap tenaga kerja 1.000 orang. Dengan kapasitas produksi mencapai 8 juta ton/tahun.

Hadir pada kesempatan itu, Bupati Kutai Timur, Ismunandar, Plt Sekprov Meiliana, Asisten Administrasi Umum, Bere Ali, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, Ichwansyah, dan kepala OPD lingkup Pemprov Kaltim.

Sedangkan dari Pemprov Zhejiang, ikut hadir perwakilan Departemen Luar Negeri Pemerintah Rakyat Provinsi Zhejiang, Departemen Perdagangan, Pusat Informasi Ekonomi, Pusat Layanan Investasi dan Inovasi Pengusaha dan jajaran HongShi Holding Groups Co. Ltd. (*)

Reporter : Humas Pemprov Kaltim    Editor : Klik Samarinda



Comments

comments


Komentar: 0