26 Maret 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Iwan Dato Adam: Siapapun Presiden Terpilih, Usulkan Orang Kaltim Jadi Menteri


Iwan Dato Adam: Siapapun Presiden Terpilih, Usulkan Orang Kaltim Jadi Menteri
Anggota DPR RI, Iwan Dato Adam

KLIKSAMARINDA.COM - Dukungan warga Kaltim berharap pasca pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) RI periode 2019-2024, ada putra atau putri terbaik Kaltim yang dipercaya menjadi menteri dalam kabinet pemerintahan yang baru. Pasalnya, Bumi Mulawarman ini diyakini memiliki putra atau putri yang mumpuni dan mampu berbuat di kancah nasional bagi pembangunan bangsa Indonesia.

keyakinan tersebut mencuat terutama karena kerap Kaltim disebut sebagai penopang devisa negara. Hal itu membuat Kaltim memerlukan penanganan serta perhatian khusus.

"Selama ini yang diakomodir pusat hanya SDA Kaltim saja. Sementara SDM juga seharusnya punya tempat. Banyak putra dan putri Kaltim yang kompeten untuk berkiprah di pusat. Tapi kenyataannya kan belum ada. Dirjen saja tidak ada dari Kaltim. Ya, setidaknya menteri lah," ujar anggota DPR RI Fraksi Demokrat asal Kaltim, Iwan Dato Adam, usai diskusi di Hotel Midtown, Samarinda, Kamis, 21 Februari 2019.

"Sakitnya tuh di sini," imbuh Iwan.

SDM yang dimiliki Kaltim, menurut Iwan, juga tidak kalah dengan kualitas SDM dari daerah lain. Karena itu, periode ini sudah saatnya ada yang mewakili Kaltim untuk menjadi menteri di tataran eksekutif pusat. 

Menurut dia, tuntutan itu adalah hal yang wajar. Karena sejak dulu, tidak ada tokoh asal Kaltim yang diamanahkan untuk menduduki jabatan menteri.      

"Mudah-mudahan dengan adanya menteri asal Kaltim, mampu mendukung program pemerintah daerah dalam menyukseskan program yang telah dibangun pemerintah selama ini. Misal, program infrastruktur, pembangunan peningkatan kualitas SDM dan kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Apalagi, saat ini Kaltim telah melaksanakan program pembangunan infrastruktur di daerah, yakni program Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di masing-masing daerah, termasuk Kaltara.

Diharapkan, dengan adanya putra Kaltim yang menjabat sebagai menteri, maka komunikasi daerah dengan pemerintah pusat akan semakin baik.

"Setidaknya menteri ESDM atau kehutanan atau pertanian. Kaltim kan keunggulannya di situ. Mudah-mudahan ini terwujud," pungkasnya. (*)

Reporter : Afwan Zaid Husein    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0