26 Maret 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Tak Terjangkau Internet, Sekolah di Samarinda Bisa Menumpang Laksanakan UNBK


Tak Terjangkau Internet, Sekolah di Samarinda Bisa Menumpang Laksanakan UNBK
Ilustrasi

KLIKSAMARINDA.COM - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bakal segera berlangsung pada 22 April 2019 mendatang. Kendati demikian, diketahui tak semua sekolah bisa mengikuti ujian secara online tersebut lantaran berbagai alasan.
 
Di antaranya, masih ada daerah yang tidak memiliki sinyal internet. Padahal, hingga saat ini tercatat ada 13.436 siswa di Samarinda yang duduk di bangku SMP baik nasional maupun negeri yamg bakal sistem ujian tersebut. 
 
Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Samarinda, Akhmad Hidayat menyebutkan sekolah yang belum bisa mendapatkan akses tersebut bisa menampung di sekolah lain.
 
Terbagi, sebanyak 9403 siswa SMP negeri dan 4.033 siswa SMP swasta.
 
"Ya memang masih ada sekolah yang tidak menggelar UNBK. Tapi, mereka nanti bisa menumpang di sekolah lain. Sehingga masih bisa ikuti ujian secara online," ungkapnya, Senin, 20 Februari 2019.
 
Pun, Dayat meyakini hal itu tak akan menjadi masalah.
 
"Itu contohnya di SMP 42 Samarinda Utara. Memang di sana paling ujung dan sinyal internet nya pun tidak memadai. Makanya nanti mereka pasti kami minta untuk bergabung dengan sekolah lainnya yang terdekat," sebut Dayat.
 
Meski begitu, lanjutnya, pelaksanaan UNBK tahun ini masih lebih baik dari tahun sebelumnya. 
 
Ia menyebutkan, tahun ini hanya ada 1 SMP di Samarinda yang tidak bisa melaksanakan UNBK. Sedangkan tahun 2018, ada sekira 293 siswa dari 4 SMP yang belum dapat melaksanakan karena terkendala jaringan internet.
 
"Sekarang sudah semakin banyak sekolah yang berbenah guna melaksanakan UNBK tahun ini. Kalau sekarang hanya ada 1 (sekolah) saja. Muridnya hanya sekitar 50-60. Tapi mereka tetap akan menyelenggarakan UNBK di sekolah lain," tutup Dayat. (*)
Reporter : NR Syaian/KLIKSAMARINDA.COM    Editor : Klik Samarinda



Comments

comments


Komentar: 0