21 April 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ledakan di Samarinda, Dua Kapal Tenggelam


Ledakan di Samarinda, Dua Kapal Tenggelam
Pasca ledakan KM Amelia. Selasa malam 5 Februari 2019 di Sungai Kunjang, Samarinda. tampak puing-puing kapal seperti jangkar juga berhamburan di atas dermaga dan sungai sekitar lokasi kejadian.

KLIKSAMARINDA.COM - Warga di sekitar kawasan Sungai Kunjang, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) panik dengan adanya bunyi ledakan dahsyat Selasa malam, 5 Februari 2019, sekitar pukul 21.00 WITA. Di area lokasi ledakan, tampak tumpukan kayu yang merupakan material kapal berserakan di Dermaga Sei Mahakam, Jalan KH Mas Mansyur, Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang.

Ledakan berasal dari kapal KM Amelia yang mengangkut puluhan tabung gas 3 kg dan 12 kg. Ledakan tersebut mengakibatkan 2 buah kapal hancur dan tenggelam ke dasar Sungai Mahakam, yaitu KM Amelia dan KM Tanjung Mas.

Selain itu, ledakan juga membuat 2 orang anak buah kapal (abk) kapal hilang, bernama Arman (25) dan Jamaluddin (50). Tiga orang warga lainnya juga menjadi korban ledakan, yaitu Ramadhan (20), Ningsih (20), dan Muchtar (20). Ketiganya mengalami luka bakar serius dan langsung dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

Warga sekitar merasakan dampak ledakan Kapal Amelia. Ledakan berdampak pada bangunan di sekitar dermaga yang ikut porak poranda dan mengalami rusak berat.

Sejumlah saksi mata mengatakan sebelum ada ledakan, semua abk terlihat istirahat. Beberapa orang terlihat di atas dermaga, sementara 3 abk berada di atas kapal. Tiba-tiba KM Amelia meledak.

"Kita cuma duduk di sini. Kemudian tiba-tiba meledak. Yang bawa tabung Kapal Amelia dua hari sandar," ujar warga sekitar, Halimin, Selasa malam.

Pasca kejadian, tampak puing-puing kapal seperti jangkar juga berhamburan di atas dermaga dan sungai sekitar lokasi kejadian. Sejumlah warga sekitar membantu menyelamatkan sejumlah barang yang berada di atas Sungai Mahakam, seperti tabung gas 3 Kg dan tabung gas 12 Kg.

Warga kemudian menumpuk tabung gas yang masih berisi ini di atas dermaga dengan pengawasan pihak Polresta Samarinda.

KM Ameilia sejak Selasa pagi memuat sembako dan ratusan tabung gas elpiji. Rencananya, KM Ameilia akan berangkat ke Berau, Rabu siang, 6 Februari. (*)

Reporter : Jie    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0