20 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Bangun Pertanian Maju, Petani Sanga-sanga Panen Bersama


Bangun Pertanian Maju, Petani Sanga-sanga Panen Bersama
Jajaran pejabat pemerintah bersama Kelompok Tani Setia Kawan saat panen bersama, Selasa, 18 September 2018. (Dok)

KLIKSAMARINDA.COM - Meningkatkan Swasembada Pangan di Kecamatan Sanga-sangan, Kutai Kartanegara (Kukar), Kaltim, anggota Kelompok Tani Setia Kawan melaksanakan panen perdana tanaman Kedelai, Selasa, 18 September 2018.

Kegiatan panen bawang merah dan padi sawah ini difasilitasi kelompok Tani Setia Kawan bersama pemerintah dalam rangka mensukseskan Program Swasembada Pangan.

Kepala Dinas Pertanian Kukar, Sumarlan menyebutkan, tanah di Kelurahan Sanga-sanga Muara sangat cocok untuk bawang merah.

"Dilihat dari hasil panen tadi, wilayah Sanga-sangan ini sangat cocok ditanami bawang merah dan padi. Saya sangat mengapresiasi kerja kelompok Tani Setia Kawan," tuturnya.

Awal penanaman bawang merah di wilayah ini berhasil dilakukan atas kerjasama Dinas Pertanian Kukar dalam pengadaan bibit sejak Juli 2017 lalu. Bantuan bibit diperuntukkan pada lahan seluas 2 hektar garapan kelompok tani dan menghasilkan sekira 2 ton bawang merah.

Camat Sanga-sanga, Gunawan menyebutkan sinergi setiap lini pemerintahan akan terus ditingkatkan juga dalam upaya mewujudkan ketahan ekonomi.

"Akan bersinergi antara Upt penyuluh pertanian dan perkebunan di tiap kelurahan, kecamatan serta Dinas Pertanian Kukar untuk mewujudkan perekonomian kerakyatan di bidang pertanian," katanya.

Selain itu, budidaya beberapa komoditas juga bakal terus digalakkan. Ditambah lagi, para anggota kelompok juga mendapatkan bantuan hand tractor dari anggota DPR RI Dapil Kaltim Komisi IV, Kasriah.

"Kedepan, adanya bantuan ini juga dapat mempermudah kerja dalam pengembangan lahan pertanian," ungkap

Senada, Lurah Sanga-sanga Muara, Mulyadi Sugiansyah menuturkan, adanya kegiatan ini diharapkan mampu menjadikan 2 komoditas tersebut menjadi andalan.

"Diharapkan bawang merah menjadi komoditi andalan Kecamatan Sanga-sanga. Karena, tidak semua Kecamatan di Kukar menanam bawang merah dengan hasil yang baik," ucapnya. (*)

Reporter : Robbi    Editor : NR Syaian



Comments

comments


Komentar: 0