20 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berkat Mobile JKN, Semua Kegiatan Jadi Aman


Berkat Mobile JKN, Semua Kegiatan Jadi Aman
Maya, salah satu pengusaha kuliner di wilayah Kota Samarinda.

KLIKSAMARINDA.COM - Teknologi smartphone yang terus maju dan berkembang dapat dimanfaatkan untuk membantu kehidupan modern saat ini. Melalui teknologi ini, masyarakat dapat membantu apa yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah.

Upaya mempermudah akses layanan di BPJS Kesehatan terus dikembangkan dan ditingkatkan bagi peserta JKN-KIS melalui inovasi teknologi informasi melaui layanan Moblie JKN.

Mobile JKN merupakan sebuah transformasi layanan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang semula hanya dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan. Layanan administrasi seperti pendaftaran, pindah lokasi fasilitas kesehatan, hingga cek tagihan iuran JKN-KIS, kini hadir dalam bentuk fitur layanan Mobile JKN.

"Dengan hadirnya aplikasi tersebut, seluruh peserta JKN-KIS tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan, hanya untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan administrasi. Mobile JKN membuat peserta dapat mengakses layanan JKN-KIS dimana dan kapan saja. Cara mendownload aplikasinya juga sangat mudah," terang Kepala BPJS Kesehatan Samarinda Nurifansyah, Selasa, 03 April 2018 lalu.

Mobile JKN dapat di-download di Play Store untuk pengguna Andoid dan di Apple Store bagi pengguna iOS. Masyarakat dapat melakukan perubahan data, seperti perubahan lokasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, bahkan melakukan pengaduan atau meminta informasi. Selain itu, ada menu pelayanan, yang berisi fitur untuk melihat riwayat pelayanan yang diterima ketika peserta JKN-KIS yang bersangkutan sakit. Ada alamat seluruh fasilitas kesehatan dan juga Kantor BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia.

Maya, salah satu pengusaha kuliner di wilayah Kota Samarinda, mengaku merasa sangat terbantu dengan Aplikasi Mobile JKN. Menurutnya, banyak fitur yang bisa diakses dengan mudah sehingga dirinya tak perlu ke kantor BPJS Kesehatan.

"Aplikasi Mobile JKN sangat membantu apalagi rumah saya jauh dari Kantor BPJS Kesehatan dan kesibukan saya berjualan tidak bisa saya tinggalkan. Cukup download Aplikasi Mobile JKN, contohnya mengganti faskes cukup lewat aplikasi dan saya tetap bisa berjualan. Urusan BPJS Kesehatan selesai, jualan saya pun tetap lancar,” ungkapnya.

Ia juga dengan bangga menunjukkan salah satu fitur Mobile JKN, yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS) Digital. Dengan fitur ini peserta cukup menunjukkan KIS Digital apabila hendak mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan sewaktu-waktu.(Adv)

Reporter : Humas Ej    Editor : NR Syaian



Comments

comments


Komentar: 0