23 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Mediasi Persoalan Pemindahan SD 006 Samarinda Ulu, DPRD Kaltim Akan Panggil Instansi Terkait


Mediasi Persoalan Pemindahan SD 006 Samarinda Ulu, DPRD Kaltim Akan Panggil Instansi Terkait
Rita Artaty Barito (Foto: KLIK)

KLIKSAMARINDA.COM - Komisi IV DPRD Kaltim berencana memanggil para pihak yang berkaitan dengan masalah pemindahan SMA Negeri 16 Samarinda ke lokasi belajar SD 006 Samarinda Ulu. Pemanggilan ini sebagai upaya mediasi antara pihak-pihak yang berkaitan dengan rencana pemindahan SMA Negeri 16 ke SD 006 Samarinda Ulu.

Anggota Komisi IV DPRD Katim, Rita Artaty Barito menjelaskan jika pihaknya akan mempelajari persoalan tersebut dengan lebih saksama. Nantinya, pihaknya akan mengeluarkan rekomendasi untuk penyelesaian persoalan pemindahan kedua sekolah itu.

Namun, politisi Golkar ini memberikan catatan jika peran anggota DPRD sebagai wakil rakyat akan membela kepentingan rakyat yang membutuhkan keadilan. Bukan berarti pihaknya tidak membela yang SMA. Namun, ini karena masyarakat sekarang sangat memerlukan sekolah SD.

”Di sini kita bukan melihat dari sisi politis, jadi saya berpikir karena di sii ada gap antara si kaya dan si miskin. Bagaimana kita menengahi. Kita sebagai wakil rakyat tentu harus membela rakyat. Tapi tidak semua rakyat yang dibela. Kasusnya yang bagaimana dulu,” ujar Rita saat ditemui usai Sidang Paripurna DPRD Kaltim ke-23 di Kantor DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, samarinda.

Rita menambahkan jika hasil rapat yang berlangsung pada Rabu 12 September 2018 memutuskan untuk mengundang Pemkot dengan dinas pendidikan DPRD kota Samarinda.

”Rencana Senin. Tapi kita baru memasukkan undangan,” ungkap Rita.

Rita berharap persoalan tersebut segera mendapatkan jalan keluar sehingga tidak mengganggu aktivitas belajar siswa.

”Mudahan ada jalan keluar. Saya minta ditunda sampai selesai,” pungkasnya.

Sebelumnya, ratusan murid bersama para orangtua murid SDN 006 SDN Samarinda Ulu berbondong-bondong datang ke halaman parkir Balai Kota Samarinda, Rabu 12 September 2018.

Kedatangan mereka untuk memprotes rencana pemindahan SMA 16 Samarinda ke lokasi SDN 006 Samarinda Ulu di Jalan Piano. Permasalahan ini berawal dari SMA 16 yang menumpang di gedung SDN 007 untuk kegiatan belajar mengajar.

Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda berencana memindahkan SMA 16 ke gedung SDN 006 yang terletak di sebelahnya dengan ketentuan para siswa SDN 006 akan dipindah dan dijadikan satu gedung dengan SDN 007.

Kemudian, rencana pemindahan tersebut mendapat penolakan keras dari sejumlah wali murid. Salah satu perwakilan wali murid yang dipanggil Mama Amel mengaku sangat keberatan dengan adanya pemindahan itu.

Pasalnya, SDN 006 tempat anaknya mengenyam pendidikan memiliki 15 kelas, sedangkan bila dipindahkan ke SDN 007, mereka hanya mampu menyediakan 6 kelas. Minimnya ruangan tersebut menjadi salah satu alasan keberatan yang dikemukakan wali murid.

Para orang tua siswa kemudian menggelar ertemuan bersama jajaran Pemkot Samarinda dan Komisi IV DPRD Kaltim. (Adv)

Reporter : Afwan Zaid Husein    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0