17 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Tingkatkan Independensi, AJI Balikpapan Uji Kompetensi Puluhan Jurnalis Kaltim


Tingkatkan Independensi, AJI Balikpapan Uji Kompetensi Puluhan Jurnalis Kaltim
Para pengurus AJI Balikpapan.

KLIKSAMARINDA.COM - Untuk meningkatkan kualitas profesi Wartawan. Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Balikpapan akan melaksanakan uji kompetensi jurnalistik (UKJ). Kegiatan itu akan dilaksanakan di Hotel Tjokro Balikpapan, 14 – 15 September 2018 mendatang. 

Ujian selama dua hari itu mengukur sejauh mana kompetensi atau kemampuan anggota AJI Balikpapan terkait pengetahuan ilmu jurnalistik. Adapun UKJ bagi seluruh anggota AJI Balikpapan mencakup Banjarmasin, Bontang, Kutim, Nunukan, Samarinda, dan Tenggarong secara cuma-cuma alias gratis.
"Ini program jangka panjang kami seiring terus bertambahnya anggota kami," kata Ketua AJI Balikpapan, Devi Alamsyah, 12 September 2018.

Selama tiga bulan, panitia pelaksana UKJ Balikpapan menjaring dan menyaring sebanyak 26 peserta dan telah dinyatakan siap uji sesuai verifikasi AJI Indonesia. Peserta dari media profesional di Kaltim.
Lebih lanjut terang Devi sapaannya itu, UKJ sebagai upaya menjawab persoalan profesionalisme dan independensi yang berpotensi menyasar wartawan sebagai salah satu profesi tak terikat oleh pragmatisme politik. Seperti diketahui, tahun depan akan melaksanakan pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Upaya lain, lanjut Devi, ialah penegakan etika jurnalistik.

"Aji percaya UKJ bukan sekedar ritual pembagian sertifikat, melainkan pembuktian ke publik jika jurnalis AJI adalah Organisasi kompeten dalam profesinya."imbuh pria yang bernaung di media cetak terkemuka di Kaltim.

Sebagai informasi, Uji kompetensi wartawan sudah menjadi kebutuhan sesuai amanat Dewan Pers guna menjadikan wartawan Indonesia profesional di bidangnya.

Khusus soal ini, AJI Balikpapan memandang perlu adanya peningkatan profesionalisme anggotanya sesuai standar digariskan Undang Undang Pers.

Program UKJ AJI Balikpapan dilaksanakan mengakomodir tiga katagori pengujian bagi para wartawan muda, madya hingga utama. AJI Balikpapan menargetkan sebanyak 26 wartawan di Balikpapan bisa turut serta dalam pelaksanaan UKJ ini. (*)

Memang, pesertanya diprioritaskan bagi anggota AJI Balikpapan. Namun ada beberapa anggota AJI dari Jakarta dan Yogjakarta yang juga akan mengikuti.

Untuk proses pengujian, AJI Balikpapan mendatangkan sejumlah tenaga penguji AJI Indonesia; Hasudungan Sirait, Riadi Ngasiran, Abdi Purmono, Eko Maryadi dan Yoseph Ikanubun. Mereka berasal dari Biro Pendidikan dan Pelatihan (Biro Diklat) AJI yang telah tersertifikasi dewan pers.
"Enam penguji AJI Indonesia ini guna memastikan standar kemampuan dan profesionalitas para wartawan Balikpapan," jelasnya.
Jika dinyatakan lulus, mereka nantinya akan memperoleh sertifikasi UKJ dari AJI sebagai salah satu organisasi profesi wartawan di Indonesia.
Selain itu jelang pelaksanaan UKJ AJI Balikpapan bersama PT Pertamina (Persero) mengelar dialog terkait energi Tanah Air.

Reporter : Yoyok Sudarmanto    Editor : NR Syaian



Comments

comments


Komentar: 0