23 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

\'Simple BPJS\' Jadi Inovasi RSU ABADI Samboja Pangkas Antrian BPJS Kesehatan


\
Direktur RSUD ABADI Samboja, Musafirah Aqil (tengah) dan Kepala Cabang Utama Samarinda BPJS Kesehatan, Nurifansyah (kiri) saat Dialog Publik kerja sama Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalimantan Timur dan TVRI Kaltim, Kamis, 6 September 2018.

KLIKSAMARINDA.COM - Memasuki era digital, segala aspek menuntut kepraktisan. Termasuk dalam pelayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aji Batara Agung Dewa Sakti (ABADI) Samboja mengembangkan inovasi baru dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bernama Sistem Pendaftaran Online Poliklinik Terintegrasi (Simple) BPJS atau “Simpel BPJS”. Hal ini, dalam upaya pelayanan publik yang diberikan lembaga dapat lebih simpel dan memberikan kepastian layanan sehingga publik memperoleh pelayanan yang bermutu.

Direktur RSUD ABADI Samboja, Musafirah Aqil menjelaskan, sistem ini bertujuan untuk mempersingkat antrian di rumah sakit. Karena, terangnya, masih terdengar keluhan masyarakat terutama pasien JKN-KIS terkait menunggu antrian.

Mereka mengeluhkan panjangnya antrian di loket pendaftaran, sehingga Simple BJPS ini dibuat guna menyederhanakan pelayanan dari sistem 7 tahapan menjadi 2 tahapan.

“Aplikasi Simple BPJS ini berhasil masuk ajang Sinovik TOP 99 yang dilenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), dari 2.824 inovasi pelayanan publik yang ada di seluruh Indonesia. Yang terpenting inovasi yang dihasilkan mampu memberikan dampak terhadap pelayanan publik dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” tuturnya dalam Dialog Publik kerja sama Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalimantan Timur dan TVRI Kaltim, Kamis, 6 September 2018.

Ditempat yang sama, Kepala Cabang Utama Samarinda BPJS Kesehatan Nurifansyah juga menyampaikan apresiasinya kepada RSUD Aji Batara Dewa Sakti.

“Inovasi ini sangat bagus sekali karena memudahkan pelayanan kepada peserta, perubahan yang dilakukan semakin baik sehingga kesan peserta JKN-KIS  dapat dilayani dengan cepat yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan peserta. Kami sangat mengapresiasi inovasi dari RSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti,” kata Nurifansyah.

Saat ini peserta JKN-KIS secara nasional telah mencapai 200 juta lebih. Dimana peserta yang memanfaatkan pelayanan di Kalimantan Timur mencapai 10.000 jiwa per hari.

Tingginya peserta yang menggunakan pelayanan dalam program JKN-KIS tentu menuntut semua stakeholder untuk berinovasi dalam memberikan layanan terbaik kepada peserta.

"Inovasi RSUD Aji Batara Dewa Sakti tentu sudah sejalan dengan BPJS Kesehatan yang sedang memasuki era baru dalam layanan. Kita berubah dengan memanfaatkan sistem informasi yang semakin baik, dimana dari awal BPJS Kesehatan telah mempersiapkan sistem online ini,” tambah Ifan, sapaannya.

Ifan menjelaskan bahwa sekarang ini, pendaftaran peserta tak perlu lagi datang ke kantor karena dapat dilakukan dengan Apilkasi Mobile JKN. Dari rumah pun peserta dapat mengakses layanan BPJS Kesehatan.

Dengan Aplikasi Mobile JKN, ada beberapa kemudahan yang diperoleh yaitu kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan. Kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi tagihan pembayaran iuran untuk peserta mandiri, kemudahan mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS.

“Selain itu, BPJS Kesehatan saat ini memiliki sebuah inovasi terbaru yaitu sistem rujukan online. Sistem rujukan online JKN-KIS adalah digitalisasi proses rujukan berjenjang untuk kemudahan dan kepastian peserta dalam memperoleh layanan di rumah sakit disesuaikan dengan kompetensi, jarak dan kepastian rumah sakit tujuan rujukan berdasarkan kebutuhan medis pasien. Sistem rujukan online sedang dalam masa uji coba sejak 23 Agustus sampai dengan 30 September 2018 dengan harapan 1 Oktober nanti semua sudah berjalan dengan baik,” pubgkas Ifan. (Adv)

Reporter : Humas Ej    Editor : NR Syaian



Comments

comments


Komentar: 0