19 November 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Sengketa Dapil 6 Gerindra Kaltim Dimediasikan


Sengketa Dapil 6 Gerindra Kaltim Dimediasikan
Mediasi gugatan Partai Gerindra Kaltim di Bawaslu Kaltim Senin 13 Agustus 2018. (Foto: KLIK)

KLIKSAMARINDA.COM - Ancaman hilangnya daerah pemilihan (Dapil) enam Partai Gerinda langsung diselesaikan pihak Gerinda melalui Loison Officer (LO). Kehadiran LO pada pukul 10.00 WITA langsung diterima Komisioner Bawaslu Kaltim, Hari Dermanto dan Galeh Akbar Tanjung, Senin 13 Agustus 2018.

Selain dua orang LO Bacaleg Gerindra Kaltim dan dua Komisioner Bawaslu, hadir pula Komisioner KPU Kaltim, Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu, Rudiansyah, didampingi ASN KPU Kaltim, Sutrisno dan Susan.

Kepada media ini, Komisioner KPU Kaltim, Rudiansyah mengatakan, berkaitan dengan putusan sidang mediasi terkait permohonan Partai Gerindra Kaltim ke Bawaslu Kaltim, diputuskan pemohon diberikan kesempatan untuk menyerahkan dokumen yang kurang pada masa pendaftaran dan masa perbaikan.

"Kesempatan hanya diberikan satu hari, yakni 14 Agustus 2018," ujar Rudi sapaannya seusai kegiatan sidang awal gugatan partai Gerindra.

Lanjut pria asal Kutim itu, apabila dokumen tersebut terpenuhi, maka KPU Kaltim langsung melakukan Verifikasi dan menetapkan hasil verifikasi terhadap dokumen tersebut setelah hasil putusan sidang di Bawaslu dikeluarkan.

"Putusan itu juga nantinya sekaligus mengklarifikasi adanya kabar bahwa ada kekeliruan verifikasi oleh KPU Kaltim," tambah Rudi sapaanya itu.

Selain itu menurutnya, putusan yang memberikan kesempatan pemohon satu hari untuk melengkapi. Artinya, tahapan penyerahan dokumen dan perbaikan sebelumnya belum lengkap.

Selanjutnya, apabila dokumen sudah disampaikan ke KPU Kaltim, maka akan dilanjutkan dengan verifikasi dan penetapan hasil verifikasi dokumen perbaikan tindak lanjut putusan Bawaslu Kaltim.

"Jadi mediasi menemui jalan kesepatakan yakni, dimasukan gugatan Gerindra dalam penetapan Bawaslu atas kesepakatan kedua belah pihak," terangnya.

Di tempat yang sama, hal senada juga disebutkan Anggota Komisioner Bawaslu Kaltim, Hari Dermanto. Menurutnya, dari enam parpol yang memiliki persoalan terhadap Bacalegnya (Baca bacaleg enam partai terancam tak ikut Pileg).
Namun baru Gerindra yang mengajukan gugatan dan telah bermediasi. Sementara Partai Demokrat Kaltim, rencananya Selasa siang 14 Agustus 2018 akan mengajukan gugatan dan bermediasi bersama Bawaslu.

"Sementara ini kami menampung gugatan melalui mediasi, seperti diketahui tahapan serentak DCS proses perbaikan maksimal pada tanggal 14 Agustus 2018, pada pukul 00.00 WITA (15 Agustus 2018,red)," tandas Hari sapaannya itu.

Saat ini, masyarakat bisa mengecek DCS di laman KPU Kaltim. Masyarakat juga memberikan tanggapan masyarakat ke alamat KPU Kaltim, Jalan Basuki Rahmat 2, Kelurahan Bugis, Samarinda Ulu, Kode Pos 75121 melalui surat tertulis dilampiri fotokopy KTP dalam amplop tertutup. Identitas pelapor dirahasiakan oleh KPU Kaltim. (*)




Comments

comments


Komentar: 0