23 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

KPU Kaltim Coret Istri Walikota Samarinda Karena Tidak Memenuhi Syarat Maju di Pileg 2019


KPU Kaltim Coret Istri Walikota Samarinda Karena Tidak Memenuhi Syarat Maju di Pileg 2019
Puji Setyowati (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah mencoret beberapa nama yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) terkait Pencalegan di DPRD Provinsi Kaltim. Termasuk istri Walikota dua periode, Puji Setyowati yang maju melalui Partai Demokrat, masuk kategori TMS.

Puji maju di Dapil 1 Samarinda. Menurut KPU Kaltim, Puji tidak menyerahkan dokumen surat pemunduran diri terkait statusnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di salah satu lembaga Perguruan Tinggi Negeri di Samarinda Seberang.

Hal itu disampaikan Anggota Komisioner KPU Kaltim, Divisi Parmas dan Sosialisasi, Syamsul Hadi kepada media ini.

"Surat pemunduran sebagai ASN kami belum terima,"ujar Syamsul sapaannya disela kegiatan Sinkronisasi rancangan daftar calon sementara (DCS), 12 Agustus 2018.

Kendati demikian, menurut Syamsul, tercoretnya Puji Setyowati tidak memengaruhi menghilangkan satu dapil untuk partai berlambang Mercy itu terkait kuota 30 persen keterwakilan perempuan di legislatif.

"Karena sudah tidak ada lagi tahapan perbaikan dokumen. Silakan mengajukan gugatan ke Bawaslu Kaltim," ujar Syamsul sapaannya itu.

Dikonfirmasi terpisah, Puji Setyowati membantah dokumennya tak lengkap. Menurutnya, Loison Officer (LO) sejauh ini telah mengikuti hal apapun yang menjadi persyaratan KPU Kaltim.

Saat pengurusan berkas, dirinya berada di luar kota. Puji baru kembali ke Kota Tepian (Sebutan Kota Samarinda) 11 Agustus 2018.

"Surat pemunduran diri sudah ada sejak 2 Juli 2018, Masuknya berkas itu pada saat masa perbaikan," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, terkait TMS dirinya tetap berikhtiar agar dapat diloloskan. Apabila tahapan perbaikan sudah selesai maka dirinya siap melaporkan gugatannya ke Bawaslu Kaltim.

"Sementara mengalir saja ya. Namanya juga berusaha," bebernya. (*)




Comments

comments


Komentar: 0