16 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

DPRD Kaltim Telah Terima Surat Pengajuan Pengunduran Diri Gubernur Awang Faroek Ishak


DPRD Kaltim Telah Terima Surat Pengajuan Pengunduran Diri Gubernur Awang Faroek Ishak
Ketua DPRD Kaltim, HM Syahrun

KLIKSAMARNDA.COM - DPRD Kaltim telah menerima surat pengajuan pengunduran diri Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. Saat ini, lembaga legislatif tersebut menunngu untuk mendapat persetujuan.

“Suratnya sudah kami terima dua hari lalu,” ujar Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun, Selasa 7 Agustus 2018, di Kantor DPRD Kaltim, Jalan Teuu Umar, Samarinda.

Syahrun menambahkan pihaknya akan melakukan pengkajian terhadap surat pengajuan pengunduran gubernur melalui rapat paripurna untuk mengambil keputusan.

“Kami akan kaji dulu suratnya,” sebut Alung.

Namun, pihaknya menyatakan telah menyetujui usulan penguduran diri Gubernur Kaltim tersebut. Nantinya, proses selanjutnya ada di tangan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Gubernur Kaltim Awang Faroe Ishak tak akan menyelesaikan masa tugasnya hingga 18 Desember 2018. Awang mencalonkan diri sebagai DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Kaltim melalui Partai Nasional Demokrasi (Nasdem).

Karena itu, sesuai aturan, kepala daerah yang mencalonkan diri di Pemilu 2019 harus mundur sebelum ditetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) pada 20 September 2018.

Dalam pasal 182 huruf k dan pasal 240 ayat 1 huruf k undang-undang (UU) nomor 7 tahun 2017 mengenai Pemilu, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang memutuskan maju sebagai caleg harus mengundurkan diri.

Penguduran resmi Gubernur Kaltim diperkirakan akan berlagsung setelah keluarnya Daftar Calon Tetap (DCT) akan dilakukan KPU pada 20 September 2018 mendatang.

Mundurnya Awang Faroek. secara otomatis, Kaltim akan dipimpin oleh penjabat (Pj) Gubernur. Wakil Ketua DPRD Kaltim, HM Samsun menerangkan, sesuai aturan akan ada Penjabat (Pj) Gubernur. Jika dilihat dari jangka waku penetaan DCT, Pj Gubernur akan menjalani masa tugas selama kurang lebih tiga bulan.

“Kalau sesuai aturan akan ada Pj Gubernur,” tambah Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun. (Adv)

Reporter : Afwan Zaid Husein    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0