23 Oktober 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ingin Buang Racun di Tubuh? Coba Spa ala Borneo


Ingin Buang Racun di Tubuh? Coba Spa ala Borneo
(Foto: Ilustrasi)

KLIKSAMARINDA.COM - Berlaksa tahun lalu, sebuah legenda menggurat Pulau Kalimantan. Tersebutlah nama Putri Junjung Buih --seorang perempuan nan cantik dari Borneo. Dari pusaran air yang berbuih, sang putri merawat paras dan tubuh sebelum disambut hamparan kain kuning. Wajahnya yang rupawan rupa-rupanya memesona pria bernama Lambung Mangkurat yang kala itu sedang melakukan tapa.

***

Legenda itu menjadi inspirasi Martha Tilaar untuk melakukan terobosan perawatan tubuh untuk kaum Hawa. Dengan menggunakan cara mandi uap atau steam, Martha Tilaar melakukan detoksifikasi untuk membuang racun yang mengendap dalam tubuh. Karena terinspirasi kisah Putri Junjung Buih, metode ini dinamakan Batimung Spa.

Menurut Mien Rogin, Treatment Developer Martha Tilaar Day Spa, dari cerita itu, hingga kini Batimung masih sering dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Perawatan tradisional itu biasanya wajib dilakukan untuk calon pengantin perempuan.

Dalam aspek medis, urai Mien, Batimung punya khasiat membuang keringat di badan, mencerahkan kulit, membuat kulit lebih halus, serta menjadikan kulit langsat alami.

Manfaat inilah, ujar Mien, yang membuat Marta Tilaar menghadirkan perawatan khas Borneo untuk perempuan. Mien menjelaskan, Batimung Spa tidak jauh berbeda dengan perawatan aslinya; sama-sama menggunakan bahan alami.

Contohnya saja daun jeruk, daun pandan, sereh, temu giring, minyak lala'an (minyak kelapa, Red.), sari beras, dan mawar. "Dalam perawatan Batimung kami menggunakan tiga gerakan pijat yang bermanfaat membuang kotoran dan keringat, menjaga metabolisme tubuh, dan relaksasi otot," tutur Mien.

***

Tahap Pertama
Barandam Batis (Merendam Kaki)

Kaki yang direndam air itu dicampur dengan campuran daun jeruk dan irisan sereh. Fungsinya, membersihkan kaki dan memberi aroma segar, sekaligus sebagai antiseptik. Perawatan dilanjutkan dengan Cengkaruk (Body Scrub, Red.). Tubuh dibalur dengan sari beras dan parutan temu giring serta jeruk purut untuk mengharumkan dan melembabkan kulit.

Tahap Kedua
Ba'urut (Pijat)

Prosesnya menggunakan minyak lala'an yang dipadu dengan Babanyon Oil. Fungsi Ba'urut untuk melancarkan peredaran darah dan meredakan otot yang tegang.

Tahap Ketiga
Bakasi (Basuh)

Tubuh dibaluri sari beras dan parutan temu giring serta jeruk purut untuk mengharumkan dan melembabkan kulit tubuh.

Tahap Keempat
Batimung (Sauna)

Nah, agar khasiat Bakasi lebih meresap ke dalam kulit, perawatan dilanjutkan dengan sesi mandi uap yang disebut Batimung (sauna, Red.). Disinilah proses detoksifikasi berlangsung. Yakni dengan penguapan tubuh menggunakan beragam rempah alami. Fungsinya untuk membuka pori-pori sekaligus mengeluarkan racun, mengurangi keringat, berlebih, dan mengharumkan tubuh.

Tahap Kelima
Barandam Awak (Merendam Tubuh)

Semua tubuh direndamkan dengan air yang sudah dicampur dengan pelbagai bahan alami. Proses terakhir dari perawatan ini adalah masker, menggunakan bedak bangkal agar kulit tampil bersih, harum, lembab, dan mendapatkan nutrisi ekstra.

Rangkaian perawatan panjang itu tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kecantikan kulit. Klikers tertarik mencoba perawatan Batimung Spa? (*)

Catatan: Bisa ditemukan di Marta Tilaar Salon Day Spa di pelbagai kota. Perawatan selama dua jam dengan harga Rp 450 ribu.

Reporter : Bunga Aviria    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0