16 Juli 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Komitmen Rusmadi, Benahi Pasar Tradisional Demi Peningkatan Ekonomi Rakyat


Komitmen Rusmadi, Benahi Pasar Tradisional Demi Peningkatan Ekonomi Rakyat

KLIKSAMARINDA.COM - Dua tokoh Kutai Barat, Fransiskus Xaverius Yapan dan Ismail Thomas mengajak Cagub Rusmadi Wongso ikut membenahi pasar-pasar di daerah itu. Karena anggaran pembangunan belum mampu membenahi semua pasar, ia minta kepada Rusmadi ketika terpilih menjadi Gubernur Kaltim membantu anggarannya.

Ada 4 pasar di Kecamatan Melak dan Barong Tongkok yang didatangi, Selasa 15 Mei 2018. Selain melihat dari dekat kondisi pusat ekonomi masyarakat desa itu, juga menggali informasi dari pedagang dan pengunjung pasar tentang berbagai hal yang dibutuhkan agar memperbaiki kondisi ekonomi yang ada.

“Kita akan meningkatkan kualitas bangunan dan akses keluar masuk pasar menjadi lebih baik dengan bantuan provinsi. Itu jika Pak Rusmadi jadi Gubernur Kaltim nantinya. Makanya mari pilih Pak Rusmadi dan Pak Safaruddin,” ujar Ketua Bidang Kehormatan DPC PDI Perjuangan Kubar, Fransiskus Xaverius Yapan. Ia ditemani juga tokoh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Hati Nurani yang menjadi pengusung Rusmadi-Safaruddin.

Yapan menjelaskan, ia adalah Bupati Kutai Barat, namun sedang cuti untuk kampanye bagi pasangan calon nomor 4, Rusmadi-Safaruddin. Pria yang pernah menjabat Ketua DPRD Kubar sejak tahun 2004 hingga 2015 ini, mengaku sengaja membawa Rusmadi. Agar jika terpilih menjadi Gubernur Kaltim, akan membantu pembangunan pasar.

"Makanya pilih Pak Rusmadi ini, agar nanti bantu kita di pasar. Anggaran Kubar saat ini belum mampu untuk memperbaiki pasar ini. Jadi kita harap dukungan anggaran dari provinsi, ya tentu akan terealisasi kalau gubernurnya Pak Rusmadi. Beliau akan membangun pasar yang layak bagi pedagang," ujarnya.

Rusmadi mengawali kunjungan di Pasar Baru di Jalan Puncan Karna di Kelurahan Melak Ilir Kecamatan Melak. Kemudian menuju Pasar Olah Bebaya di Jalur Dua Kelurahan Melak Ulu. Usai berinteraksi dan berdialog sesaat dengan para pedagang, Rusmadi yang didampingi juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kubar, Ismail Thomas, mengarah ke Pasar Jaras di Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok.

“Pasar ini kita bangun di tahun 2013, dan masih butuh peningkatan jalan masuk dan bangunan pasarnya. Kalau Pak Rusmadi jadi Gubernur Kaltim, pasti pasar ini akan lebih bagus. Dukung kami ya bapak dan ibu,” kata Ismail Thomas yang pernah menjabat Bupati Kubar periode 2006-2016.

Kasiyati (36) yang berjualan pakaian di Pasar Jaras, meminta pemerintah membantu agar membuat pasar ramai dikunjungi. “Selama ini selalu sepi pembeli pak, makanya kami tidak banyak untung. Malahan sebagian pedagang pindah lokasi dan ada yang berhenti berjualan karena merugi,” katanya kepada Rusmadi, Yapan dan Ismail Thomas.

“Makanya ayo dukung Pak Rusmadi jadi Gubernur Kaltim. Biar nanti pemerintah daerah dibantu keuangan provinsi untuk membangun ekonomi masyarakat, dan masyarakat jadi banyak uang. Sudah banyak uang, banyak yang akan ke pasar, dan pedagang pun banyak untung,” jawab FX Yapan.

Rusmadi dan rombongan kemudian menuju Pasar Maleo Baru yang berlokasi di seberang Markas Polres Kubar. Di sini Rusmadi meminta pedagang dan pengunjung pasar mendukung dan memilihnya pada 27 Juni 2018 mendatang. Sehingga jika ia dan Safaruddin terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018-2023, akan membantu pemerintah daerah untuk membangun fasilitas di pasar.

"Dukung saya ya bu, pak, nomor 4. Jika terpilih jadi pemimpin Kaltim, peningkatan ekonomi, termasuk pasar menjadi program yang sudah kami susun," kata Rusmadi.

Ketika sedang berdialog dengan pedagang, tiba-tiba seorang diantaranya yang menjual ikan bernama Sugimin mengaku sudah mengenal Safaruddin, Cawagub.

“Saya sekampung dengan Pak Safaruddin, di Desa Lagosi Kecamatan Panamah dan Desa Kampiri Kecamatan Kotandre, Kabupaten Wajo. Kami para penjual ikan di sini kebanyakan asal dari Kabupaten Wajo, dan pastilah mendukung Pak Safaruddin dan Pak Rusmadi,” ungkap Sugimin sebelum diajak Rusmadi untuk berswafoto.

Sejumlah politisi mendampingi Rusmadi mengunjungi pasar. Antara lain Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kubar Jackson John Tawi, dan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kaltim Marthinus. Ada juga Puncan Karna, Ridwa, Anita Theresia dan Yudi Hermawan yang adalah Anggota fraksi PDI Perjuangan DPRD Kubar. Serta Umar yang adalah Ketua Bidang OKK DPC Partai Hanura Kubar. (*)

Reporter : Pers Release    Editor : Klik Samarinda



Comments

comments


Komentar: 0