22 Mei 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

KPU Kaltim Sosialisasi Ke Kampung Dayak


KPU Kaltim Sosialisasi Ke Kampung Dayak
KPU Kaltim menyosialisasikan pemilihan kepala daerah (pilkada) di rumah adat khas Kalimantan, rumah Lamin, Selasa 15 Mei 2018

KLIKSAMARINDA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim, Selasa 15 Mei 2018 menyambangi Desa Pampang, Kecamatan Sungai Siring, Samarinda, Kaltim.

Bertempat di rumah adat khas Kalimantan, rumah Lamin, KPU Kaltim menyosialisasikan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Kaltim pada tanggal 27 Juni 2018.

Masyarakat Desa Pampang dan petugas KPU membaur sembari secara bergiliran mendengarkan dan berdialog terkait Pilkada mendatang. Selain itu kegiatan juga didukung akademisi Fisip Unmul beserta mahasiswa Himpunan Administrasi Negara.

Kepada sejumlah media, Ketua KPU Kaltim, Muhammad Taufik seusai kegiatan menuturkan, kegiatan sosialisasi dimaksudkan untuk mendorong masyarakat pemilih untuk memberikan hak pilihnya dalam perhelatan Pilgub.

"Dari proses dialog bersama masyarakat, warga mayoritas 80 persen dari 800 pemilih menentukan haknya pada pemilu presiden lalu, parameter ini harus dipertahankan," ujar Taufik sapaannya.

Pihaknya memberikan apresiasi terhadap warga Desa Pampang. Menurut pria yang juga akademisi itu, peran rumah adat lamin sangat besar terhadap kesadaran politik dan sosial warga sekitar.

Tak hanya dijadikan panggung kesenian, lamin juga dijadikan tempat berkumpul, bermusyawarah bagi keluarga besar suku Dayak yang mayoritas Kenyah. Rumah adat lamin bagaikan urat nadi kehidupan bagi sebagian besar masyarakat yang masih memegang kearifan lokal sebagai sarana mempertahankan kebudayaan.

"Rumah lamin Dangan bermakna filosofis, harapannya ada rumah-rumah rakyat seperti lamin bisa menjadi media pendukung kesuksesan Pilgub, dengan begitu kualitas dan demokrasi semakin meningkat, langkah pembangunan ikut bergerak dinamis," tandasnya. (Adv)




Comments

comments


Komentar: 0