20 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ini Dia Festival Eksotis di Australia


Ini Dia Festival Eksotis di Australia

KLIKSAMARINDA.COM - Ajang festival cahaya, musik dan pertukaran ide terbesar dunia, Vivid Sydney kembali pada 2018 dengan distrik pameran (precinct) terbaru yang spektakuler di Luna Park, kembalinya Customs House yang banyak digemari serta perpaduan benda-benda keseharian dan sejumlah motif khas Australia tampil pada layar Sydney Opera House.

Minister for Tourism and Major Events, Adam Marshall menyatakan, Vivid Sydney telah menggembirakan dan menginspirasi banyak orang dari seluruh Australia dan dunia. Memasuki tahun penyelenggaraan ke-10, para pengunjung dan warga setempat dapat terpukau kembali dengan berbagai program Vivid Sydney, meliputi seni instalasi yang lebih besar serta festival Musik dan Ide yang menarik.

"Maka saya mengajak para pengunjung agar mulai merencanakan perjalanannya lebih awal sehingga dapat memanfaatkan jajaran penampil festival dengan sebaik-baiknya," ujar Marshall melalui rilisnya pada Kamis 22 Maret 2018.

"Selama 23 hari, dari Jumat 25 Mei hingga Sabtu 16 Juni, Vivid Sydney akan melukis Harbour City dengan warna dan tontonan Vivid Light, mengambil alih berbagai panggung Sydney dengan pertunjukan dan kolaborasi Vivid Music yang menarik, serta menjadi forum dunia untuk sesi bertukar ide yang menggugah dan diskusi kreatif dalam ajang Vivid Ideas," lanjutnya.

Vivid Sydney dimiliki, dikelola, dan diproduksi oleh instansi pariwisata dan kegiatan penting Pemerintah NSW, Destination NSW dan pada 2017, menarik 2,33 juta pengunjung. Jumlah pengunjung tersebut memecahkan rekor sebelumnya. Para pengunjung Vivid Sydney juga membelanjakan dana $143 juta dalam perekonomian NSW.

Untuk pertama kali, Light Walk yang memukau pada Vivid Sydney diperluas ke distrik baru Luna Park Sydney, lokasi taman hiburan yang terkenal serta menampilkan seni proyeksi berskala besar di bagian depan Coney Island. Acara ini merayakan sejarah, keajaiban, fantasi dan imajinasi yang tampil bersama-sama untuk menciptakan jutaan kenangan di lokasi istimewa dan spesial ini. Tahun ini juga menandai kiprah perdana Ferris Wheel di Luna Park, yang akan bersinar dalam rangka festival ini, setelah menggunakan LED. Fasilitas ini telah mencakup penambahan lampu secara besar-besaran yang menghiasi Ferris Wheel.

Berbaga cahaya terang Vivid Sydney akan kembali menyinari Royal Botanic Garden Sydney pada 2018. Para pengunjung akan mengikuti jalur yang menelusuri kehidupan hewan nokturnal, terinspirasi dari alam. Di sini, Parrot Party terinsiprasi dari New Zealand Kea Parrot dan Australian Rainbow Lorikeet, hadir di tengah kumpulan orang, merambah ke lagu dan memancarkan cahaya berwarna-warni. Aqueous akan memukau lanskap interaktif yang terdiri atas jalur-jalur cahaya, mengalir dan sepenuhnya bersinar dalam jalur cahaya yang berkelak-kelok, mengajak para pengunjung mengikuti permainan interaktif. The Bloom, bunga raksasa elektrik dan metalik dengan kelopak berhiaskan cermin yang membiaskan serta memantulkan cahaya, dan menempatkan anda di tengah bunga tersebut agar bisa mengambil foto yang sempurna, serta He'e nalu akan memberi sensasi berselancar yang mengasyikkan.

Dalam rangka perayaan hari jadi yang ke-100, karakter May Gibbs yang terkenal dan abadi, Snugglepot dan Cuddlepie serta gerombolan pendukungnya hadir di fasad Customs House, sejalan dengan perjalanan mereka melintasi Australian Bush dan menemui segala hal aneh, indah dan belum dikenali. Pertunjukan ini akan dinarasikan oleh aktris film dan televisi Australia Noni Hazlehurst AM, penyandang gelar Patron of the Australian Children's Laureate serta penggemar Play School yang dikagumi.

Seluruh perhatian akan tertuju pada Sydney Opera House yang masuk dalam Situs Warisan Dunia, di pusat Vivid Light Walk untuk kegiatan Lighting of the Sails, diciptakan pada 2018 oleh seniman asal Australia yang meraih penghargaan Jonathan Zawada. Para pengunjung akan terpana oleh Metamathemagical, sebuah pertunjukan berani dan dinamis yang terdiri atas patung-patung digital yang berubah-ubah, terinspirasi dari berbagai motif khas Australia yang terkenal dalam bidang sains, alam dan budaya.

Banyak gedung terkenal di Sydney akan kembali bertransformasi, termasuk fasad Museum of Contemporary Art Australia (MCA) dengan Virtual Vibration, karya kreatif yang sangat kolaboratif, diproduksi secara berbarengan oleh seniman MCA Collection Jonny Niesche dan komposer Mark Pritchard. Pertunjukan cahaya interaktif Skylark akan memberi kesempatan bagi para pengunjung untuk menaruh warna-warninya sendiri di Sydney, mulai dari Sydney Harbour Bridge dan gedung pencakar langit Circular Quay hingga menjangkau Sydney Harbour.

Network Ten dan MasterChef Australia akan mengusung keajaiban pada fasad ASN Co. Building in The Rocks, sebagai perayaan hari jadi Masterchef dan Vivid Sydney ke-10 dengan Mystery Gateau. Juru masak yang bertindak sebagai pekerja konstruksi mini akan memandu anda dalam perjalanan yang menyenangkan dan memikat, seraya MasterChef yang terkenal itu menghitung mundur waktu hingga kejutan akhir yang luar biasa.

Distrik pameran populer Taronga Zoo, Darling Harbour, Chatswood, Barangaroo dan Kings Cross akan hadir kembali pada 2018.

Beberapa program favorit pada tahun lalu di Taronga Zoo kembali tampil dengan segerombolan spesies yang berani, fantastis, unik dan mengagumkan dalam Taronga Zoo's Lights for the Wild. Para pengunjung akan menemukan sejumlah patung bercahaya yang baru dari sejumlah hewan spektakuler, serta mereka dapat mempelajari cara Taronga menyelamatkan 10 spesies dari ambang kepunahan dalam 10 tahun mendatang.

Air mancur yang menjadi wadah bertemunya seni dan teknologi, pengalaman cahaya dan laser membawa pengunjung Darling Harbour untuk menyelami alam di bawah lautan seperti dunia mimpi. Sementara, atap Australian National Maritime Museum yang terkenal akan menampilkan seni proyeksi BBC Earth dan Blue Planet II karya Sir David Attenborough, menjelajahi dunia menakjubkan di bawah ombak laut.

Pasar kaget yang terinspirasi dari pasar jalanan yang berwarna-warni di Brazil, terwujud dari bahan-bahan panggung dan dapat didaur ulang serta bernyala dengan laser. Pasar tersebut akan mengubah Chatswood CBD. Concourse akan mengajak para pengunjung bertualang dengan menarik dan luas ke ruang angkasa, menampilkan foto-foto istimewa dari NASA dan proyeksi 360-derajat.

Barangaroo bernyala di bawah naungan sinar dan suara yang membangkitkan suasana di jalur air, serta distrik pameran tersebut juga tampak hidup dengan seni boneka yang memukau serta sosok raksasa yang gemerlap dan mengagumkan, berada di deretan air mancur dengan tampilan audio dan cahaya.

Kontributor distrik pameran Coca-Cola kembali menyemarakkan jalanan Kings Cross yang terkenal di Sydney serta mendukung program KX lainnya pada 2018. Jalur warna-warni di Darlinghurst Road akan diubah dengan tontonan cahaya dan kehidupan spektakuler. Papan reklame Coca-Cola yang terkenal akan bernyala kembali pada 2018, bersama serangkaian pertunjukan warna yang apik dan kreatif. Sejumlah transformasi Vivid KX lainnya termasuk Victorian Terrace yang bersejarah; World Bar, terdiri atas pesta rumahan yang bertingkat-tingkat serta King Cross Hotel yang ternama, akan memamerkan berbagai karya seniman termutakhir, dikurasi oleh kru pesta legendaris.

Vivid Music meningkatkan skala kegiatannya pada 2018 dengan jajaran pertunjukan musik yang menarik, dari aliran noise hingga jazz, sonic experimentation hingga soul. Sejumlah program andalan termasuk penampilan artis musik rock yang meraih Grammy St. Vincent, mereka hanya tampil satu hari, dan kembalinya Curve Ball yang dipimpin oleh Alison Wonderland – pertunjukan musik dan seni live berskala besar, digelar oleh tim yang ada di balik Field Day, Harbourlife dan Listen Out – keduanya tampil di Carriageworks.

The City Recital Hall hadir kembali dalam festival, menjelajahi kemunculan jazz yang istimewa dengan Innovators In Jazz, menampilkan pemain saksofon yang meraih Grammy Branford Marsalis. Vokalis jazz terbaik dunia, termasuk Kurt Elling dan chanteuse Madeleine Peyroux, akan tampil bersama bintang Orange is the New Black Lea Delaria dalam komedi musikalnya, sebuah pertunjukan yang menginterprasikan jazz.

Vivid LIVE di Sydney Opera House memiliki deretan penampil istimewa dari Australia, sebagai bagian dari Vivid Sydney, termasuk beberapa penampilan perdana di Opera House. Beberapa penampil utama pada tahun ini mencakup ikon dream-pop asal Amerika Mazzy Star, tokoh musik rap dari Pantai Barat Amerika Ice Cube, penyanyi/pengarang musik indie rock pada 1990an Cat Power, artis peraih Grammy Solange dan kolaborasi yang lama dinanti-nantikan antara artis yang menjadi ikon Australia Daniel Johns dan Luke Steele.

Memasuki tahun ke-4 sebagai bagian dari Vivid Sydney, Heaps Gay mendukung Sydney Town Hall yang mempersembahkan pengalaman yang wajib diikuti, Qween's Ball perdana. Ajang lain yang tak boleh dilewatkan termasuk Young Hearts Run Free dan salah satu artis revolusioner dari Australia yang tampil di Enmore Theatre, Vera Blue.

Artis lain yang kembali tampil di Vivid Music pada 2018 adalah X|Celerate, kerja sama antara Vivid Sydney dan Kota Sydney dalam menghidupkan sejumlah lokasi pertunjukan musik di seluruh kota. Menampilkan artis musik lokal yang tengah naik daun, beberapa acara utama termasuk hari jadi Purple Sneakers ke-12 di The Lansdowne, yang menyajikan makanan, minuman wine dan musik di Cake Wines Cellar Door, serta HAPPY dan VISIONS di The Lady Hampshire.

Sebagai arsitek masa depan, saatnya bergabung dengan tokoh-tokoh pemikir dan sosok kreatif dalam Vivid Ideas untuk memperoleh inspirasi. Vivid Ideas menjadi forum untuk berlokakarya, bekerja sama dan mengembangkan pemikiran kreatif guna mendorong agenda kreatif pada sektor teknologi, desain, hiburan dan budaya. Vivid Ideas kembali pada 2018 dengan sejumlah tokoh-tokoh dunia sejalan menjajaki skenario yang akan membentuk masa depan dan menentukan kehidupan kita.

Vivid Ideas 2018 mempertunjukkan pihak-pihak yang menentukan arah teknologi, kreativitas dan sains. Tokoh-Tokoh Penerobos dan Sosok Kreatif pada tahun ini mencakup pembuat film, penjelajah lautan dan aktivis lingkungan hidup James Cameron. Hadir secara khusus di Vivid Sydney, James akan menjajaki semangatnya pada sains dan teknologi serta bagaimana hal-hal tersebut mempengaruhi karyanya sebagai sutradara film dan aktivis lingkungan hidup. Bersama James, Adam Spencer turut bergabung dalam diskusi, sementara di Sydney ia akan meresmikan pameran James Cameron – Challenging the Deep di Australian National Maritime Museum.

Kiprah dunia yang sukses dari Dare Jennings – pendiri Mambo Clothing, Phantom Records and Deus ex Machina – bergabung dengan sahabatnya, James Valentine untuk mengulas cult brands yang melintasi usia dan gaya hidup serta kepuasan dalam melakukan terobosan.

Pemikir masa depan dan pengembang game, Jane McGonigal dapat membuktikan games ternyata berpengaruh mengubah kehidupan kita di dunia nyata. Dia dan ahli Kecerdasan Buatan (AI) Kriti Sharma akan bergabung dalam Vivid Ideas untuk menjajaki perkembangan AI, VR dan gaming terkini serta mengulas karakter masyarakat seperti apa yang bisa diciptakan dengan teknologi.

Ahli Visual di Jet Propulsion Laboratory NASA dan salah satu pendiri Museum of Awe, Dan Goods bergabung dalam jajaran Sosok Kreatif Vivid Ideas guna mendalami keterkaitan kreativitas dan sains serta mengapa NASA memiliki seorang ahli visual.

Seri kegiatan New Horizons menggali tren besar dan perkembangan mikro dalam teknologi dan inovasi serta menghadirkan para pakar yang menjawab berbagai isu terbesar dengan kreativitas demi masa depan yang lebih baik. Sejumlah topik termasuk, Future Fashion, Algae is the New Black, Blockchain Decoded dan Evolving Democracy.

Setiap Rabu selama tiga hari berturut-turut, Vivid Sydney akan mengambil alih Art Gallery NSW untuk membuat potret mendalam tentang sosok terbaik dari setiap orang. Para tamu istimewa berani mempertanyakan apakah kita bisa memperbaiki kematian, bagaimana cara kita mencari kepentingan bersama ketika konflik terjadi dan mengapa kita perlu mendorong persepsi tentang seksualitas perempuan. Acara-acara tersebut akan ditemani dengan musik yang dikurasi dari Goldheist, Air Land Sea dan Haiku Hands.

Vivid Ideas Exchange di Museum of Contemporary Art juga kembali hadir, menampilkan beragam diskusi yang dipersembahkan oleh ahli dunia kreatif yang meliputi berbagai topik seperti masa depan dunia kerja, etika memanusiakan teknologi dan bagaimana kita bisa menjadi agen perubahan. (*)

 

Reporter : PRN    Editor : Klik Samarinda



Comments

comments


Komentar: 0