12 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Izin Cuti Rizal Effendi Belum Terbit, Ini Kata Ketua Timses Annur


Izin Cuti Rizal Effendi Belum Terbit, Ini Kata Ketua Timses Annur
Ketua timses Annur, Husni Fahruddin

KLIKSAMARINDA.COM - Mencalonkan diri sebagai wakil Gubernur bersama dengan Sofyan Hasdam, Walikota Balikpapan, Rizal Efendi, belum mendapatkan surat cuti. Karena itu, Tim sukses pasangan calon (paslon) Annur ini akan menempuh upaya untuk mendapatkannya.

Pasalnya, Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, sebelumnya menegaskan jika Walikota Balikpapan aktif tersebut harus mengundurkan diri sebelum mengikuti kontestasi Pilgub Kaltim.

Ketua timses Annur, Husni Fahruddin menyebutkan pernyataan Gubernur ini dinilai bermuatan eksistensi politik. Pasalnya, selain Rizal Effendi kepala daerah aktif lain yang juga mencalonkan diri dapat dapat mengurus surat cuti.

Menurutnya, sebagai warga negara Indonesia, Rizal Effendi memiliki hak politik yang sama dengan calon lain yang juga kepala daerah aktif. Apalagi, cuti kampaye ini tertuang pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 1 tahun 2018, tentang perubahan Permendagri nomor 74 tahun 2016 tentang cuti di luar tanggungan Negara bagi Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

"Tidak ada yang boleh menghalangi hak politik seseorang termasuk Pak Rizal Effendi, sesuai aturan yang ada pak Gubernur wajib memberikan ijin," kata Ayub, sapaanya, Senin, 12 Maret 2018.

Untuk itu, tim pemenangan AnNuR memastikan mengambil upaya lain untuk mendapatkan hak cuti yang di atur oleh Peraturan Menteri.

"Kalau pun tidak diberikan, kami sudah menempuh cara lain yakni menyampaikan kepada Bawaslu Kaltim dan Depdagri terkait hal tersebut," imbuhnya.

Ayub menerangkan, Rizal Effendi resmi mengajukan izin cuti kampaye di luar tanggungan Negara Walikota Balikpapan tertanggal 5 Maret 2018, ke Gubernur Kalimantan Timur. Surat resmi ber nomor :100/0606/Pem, ini dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan setelah Biro PPOD Sekdaprov Kaltim berkoordinasi dengan Biro PPOD Sekdakot Balikpapan.

Lalu, di tanggal yang sama, surat permohonan tersebut telah diterima Pemerintahan Provinsi melalui Biro PPOD Sekdaprov Kaltim.

Namun, melalui koordinasi lanjutan Biro PPOD Sekdakot Balikpapan dengan Biro PPOD Sekdaprov Kaltim melakukan perbaikan naskah surat yang kemudian diterbitkan kembali tertanggal 6 maret 2018. Surat tersebut kemudian diterima kembali oleh Biro PPOD Sekdaprov Kaltim tanggal 7 Maret 2018.

Selain itu, lanjut Ayub, upaya memenuhi amanat Undang-undang ini telah dikomunikasikan olehnya ke Pemerintah Provinsi melalui Plt Sekprov Kaltim Meiliana, Senin, 12 Maret 2018.

"Saya menghubungi Bu Mei, ternyata Beliau sedang di Depdagri (Departement Dalam Negeri) terkait permohonan cuti Pak Rizal sebagai Walikota," ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya beserta Rizal Effendi akan segera menemui pihak Pemprov untuk berkoordinasi.

"Kami yakin keinginan Pak Gubernur menemui Pak Rizal ini, karena selain Beliau Gubernur dan juga orang tua mungkin ingin memberikan saran dan nasehat ke generasi penerus seperti Pak Rizal Effendi ini sebelum berkontestasi di pemilihan nanti," pungkasnya. (*)

Reporter : NR Syaian/KLIKSAMARINDA.COM    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0