18 Oktober 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Mengapa Wasit PBFC vs Persib Diinvestigasi? Ini Jawabannya


Mengapa Wasit PBFC vs Persib Diinvestigasi? Ini Jawabannya
Iwan Sukoco (kanan) saat memimpin laga big match Piala Presiden antara PBFC melawan Persib. (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA - Leg I perempatfinal antara PBFC versus Persib menyisakan persoalan. Mahaka Sports and Entertainment --selaku penyelenggara Piala Presiden-- memutuskan untuk menginvestigasi Iwan Sukoco --wasit yang memimpin pertandingan itu pada Minggu 20 September 2015 lalu di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur.

CEO Mahaka Sports and Entertainment, Hasani Abdul Gani, menyatakan jika kinerja Iwan dinilai kontroversi. "Kami sedang lakukan investigasi, kalau ada hal-hal negatif di leg pertama, mudah-mudahan sih tidak ada. Tapi kami putuskan untuk mengistirahatkan sementara wasit-wasit di leg pertama," ungkap Hasani, seperti dikutip KlikSamarinda dari salahsatu laman online nasional.

Bagi Hasani, Iwan menjadi sorotan karena dianggap tidak bagus. Kendati begitu, Hasani mencoba berpikir positif bahwa Iwan hanya tidak siap saat memimpin laga big match antara Pesut Etam dan Maung Bandung. "Yang di Samarinda kurang bagus ya, tapi saya tidak curiga macam-macam. Mungkin wasitnya tidak sigap saja," ucapnya.

Hasani mengaku, leg I memang diwarnai sejumlah protes oleh sejumlah klub peserta atas kepemimpinan wasit.

Dalam sebuah keterangan pers, Djajang Nurjaman --pelatih Persib-- mengaku kecewa pada Iwan. Misalnya ketika Tantan --pemain Persib-- melakukan tendangan yang mengenai tangan Diego Michels di menit ke 79. Di televisi sebenarnya terlihat jelas bahwa itu adalah handsball, tapi Iwan tidak memberikan penalti untuk Persib.

Hasani menyatakan sudah mendapatkan laporan terkait kejadian itu. Menurut Hasani, memang setiap selesai pertandingan akan ada evaluasi terutama soal wasit.

Namun demikian, Hasani menyebut, masih akan melakukan investigasi lebih dulu sebelum memberikan sanksi. Sanksi disebutnya bisa dijatuhkan berupa larangan kepada wasit tersebut untuk memimpin pertandingan Piala Presiden lagi.

"Kami akan evaluasi dulu. Kalau dari hasil evaluasi ada unsur kesalahan atau kelalaian apalagi disengaja dalam memimpin tentu kami akan tegas dengan mengistirahatkan mereka dari turnamen Piala Presiden," ungkapnya.

Sebagai informasi, dalam investigasi ini, Iwan tak sendiri. Wasit lainnya yang memimpin laga Persebaya United versus Sriwijaya FC, Oki Dwi Putra, juga ditelisik kinerjanya lantaran diduga melontarkan kalimat kasar kepada pemain Persebaya United, Pedro Javier. (*)

Reporter : Bunga Aviria    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0