19 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

KPU Kaltim Tetapkan 4 Paslon Pilgub, Masih Tunggu Surat Pengunduran Diri


KPU Kaltim Tetapkan 4 Paslon Pilgub, Masih Tunggu Surat Pengunduran Diri
Rapat Pleno Terbuka KPU Kaltim dengan agenda penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kaltim, di Aula KPU Kaltim, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Senin 12 Februari 2018.

KLIKSAMARINDA.COM - KPU Kaltim menetapkan empat pasangan calon memenuhi syarat sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Provinsi Kaltim. Penetapan tersebut berlangsung dalam Rapat Pleno Terbuka KPU Kaltim dengan agenda penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kaltim, di Aula KPU Kaltim, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Senin 12 Februari 2018.

Ketua KPU Kaltim, M Taufik mengatakan setelah memverifikasi syarat calon dan pencalonan dalam rapat pleno terbuka ditetapkan keempatnya memenuhi syarat sebagai peserta pemilu kepala daerah 2018.

Antara lain:
- Isran Noor-Hadi Mulyadi dengan partai pengusung Gerindra, PAN, dan PKS.
- Syaharie Jaang-Awang Ferdian diusung Partai Demokrat, PPP, dan PKB.
- Rusmadi-Safaruddin diusung PDIP dan Hanura.
- Sofyan Hasdam-Nusirwan diusung Partai Golkar dan Nasdem.

Mengenai status para calon saat ini masih menjadi PNS dan anggota DPR RI, M Taufik memberi waktu lima hari untuk proses administrasi.

“Setelah penetapan, lima hari kemudian, mereka sudah harus menyampaikan kepada kami terkait surat dari atasan atau pimpinan bahwa mereka sudah memproses pengunduran diri. Nanti ada surat lagi yang terakhir supaya mereka bisa memenuhi syarat sebagai pasangan calon adalah 30 hari sebelum hari H. Mereka sudah harus menyerahkan secara resmi surat penonaktifan dia sebagai PNS maupun anggota DPR RI,” kata Taufik.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widianto mengaku jajarannya bersama TNI siap bersikap netral dalam pelaksanaan pemilu kepala daerah 2018, meski salah satu peserta adalah mantan Kapolda Kaltim. Kapolda menegaskan, kalangan PNS, TNI, Polri harus netral dalam pemilu.

“Pokoknya PNS, TNI, Polri harus netral,” kata Irjen Priyo Widianto, Kapolda Kaltim. (*)

Reporter : Jie    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0