21 April 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Verifikasi Partai, KPU Kaltim Akui Hanura Versi Oesman Sapta Odang


Verifikasi Partai, KPU Kaltim Akui Hanura Versi Oesman Sapta Odang
Rapat Pleno Terbuka penyerahan berkas hasil verifikasi dari KPUD kepada Pengurus parpol, Senin 12 Februari 2018

KLIKSAMARINDA.COM - KPU Kaltim menggelar Rapat Pleno Terbuka hasil rekapitulasi verifikasi partai politik peserta pemilu 2019 tingkat Provinsi Kaltim. Seluruh partai politik (Parpol) di tingkat Provinsi Kaltim kembali diverifikasi.

Kedatangan Learning Officer (LO) atau perwakilan parpol disambut anggota Komisi Pemilu Umum (KPU), Komisioner dan Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kaltim di Aula KPU Jalan Basuki Rahmat, Samarinda.

Ketua KPU Kaltim mengatakan, persyaratan masing-masing partai seperti kelengkapan struktur pengurus inti dan anggota terpenuhi pada masing-masing partai.

Syarat 30 persen keterlibatan perempuan, alamat kantor juga menjadi bagian dari syarat lolosnya parpol di tingkat provinsi Kaltim.

"Verifikasi faktual telah kami sampaikan hasilnya kepada perwakilan partai yang hadir sesuai PKPU RI tahun 2017," ujar Ketua KPU Kaltim, Taufik seusai acara 12 Februari 2018.

Adapun beberapa partai seperti perempuan seperti Kouta 30 persen untuk perempuan dari partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang belum dan hanya memiliki 8 persen tak mengubah hasil keputusan KPU secara keseluruhan lantaran tidak menjadi persyaratan yang mutlak.

"Gak ada masalah. Semua dianggap lengkap, sesuai peraturan KPU, yang terpenting kepengurusan partai lengkap 100 persen," imbuhnya.

Terkait polemik Partai Hanura yang saat ini mengemuka, KPUD hanya mengakomodir pengurus yang memiliki SK Menkumham RI yakni Hanura versi Oesman Sapta Odang (OSO).

"KPU hanya mengakui parpol yang sah sesuai pemerintah, di polemik partai itu urusan internal partai masing-masing," tukasnya. (*)

Reporter : Yoyok Sudarmanto    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0