18 Februari 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Diterpa Dualisme Kepengurusan Partai, Ini Sikap Pemuda Hanura Kaltim


Diterpa Dualisme Kepengurusan Partai, Ini Sikap Pemuda Hanura Kaltim
Rudi Hartono

KLIKSAMARINDA.COM - Dualisme kepungurusan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) di tingkat pusat berimbas ke sejumlah daerah. Pun di Kaltim.

Saat ini, ada dua pihak yang bersengketa terkait keabsahan kepengurusan dan pemegang mandat pusat. Salah satu kubu adalah Surpani Sulaiman yang ditunjuk Oesman Sapta Odang (OSO) selaku Ketua Umum DPP Partai Hanura sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Hanura Provinsi Kalimantan Timur periode 2018-2020.

Surpani Sulaiman menjelaskan jika penunjukan dirinya sebagai ketua DPD Hanura Kaltim telah resmi dengan turunnya SK DPP Hanura No: SKEP/431/DPP-HANURA/1/2018 yang ditandatangani Ketua DPP Hanura Oesman Sapta Odang tertanggal 27 Januari 2018. mengaku mengantongi surat keputusan (SK) yang ditandatangani Ketua Umum DPP Hanura yang lama, Oesman Sapta Odang (OSO).

Namun, penunjukan Surpani Sulaiman mendapatkan bantahan dari Ketua DPD Hanura Kaltim Herwan Susanto menyeberang dan bergabung dengan kubu DPP Hanura hasil musyawarah nasional luar biasa dengan ketuanya Daryatmo dan Sekretaris Sarifudin Sudding.

Herwan mengklaim didukung pendiri Hanura, yakni Jenderal Purnawirawan Wiranto. Pihaknya mempersilakan siapapun untuk mengklaim dirinya benar dan menjadi ketua DPD Hanura Kaltim. Dirinya memegang SK resmi dari DPP Hanura yang ditandatangani Ketua DPP yang baru hasil munaslub Daryatmo, pendiri Hanura Jenderal TNI Purnawirawan Wiranto juga mengakui hasil munaslub.

Dualisme tersebut mendapatkan tanggapan dari Pemuda Hanura Kaltim. Pada Minggu, 28 Januari 2018, Ketua Pemuda Hanura Kaltim, Rudi Hartono mengeluarkan pernyataan sikap dan menyertakan dukungan terhadap kepengurusan DPD Hanura pimpinan Herwan Susanto. Pemuda Hanura Kaltim menilai SK yang diterima Surpani cacat hukum.

Berikut pernyataan sikap Ketua Pemuda Hanura Kaltim.

Saya atas nama Ketua Pemuda HANURA Kaltim menyikapi persoalan konflik di internal Partai HANURA.

1. Kami tetap berdiri pada Kepengurusan Hasil Munaslub Partai HANURA yang menghasilkan Kepengurusan DPP Partai HANURA Ketua Umum Bapak Daryatmo dan Sekretaris Jenderal Bapak Sudding.

2. Kami tetap mengakui Kepengurusan DPD Partai HANURA Kaltim di bawah komando Bapak Herwan Susanto.

3. Menyikapi persoalan terbitnya SK Plt DPD Partai HANURA Kaltim atas nama SURPANI, itu cacat hukum, dalam AD/ART Partai HANURA dan Pedoman Organisasi diatur mekanisme Plt. Kubu Oso menabrak mekanisme itu. Dan bagi kami itu kami anggap tidak pernah ada Plt atas nama siapa pun.

4. Menyikapi verifikasi faktual, dalam aturan KPU sangat jelas, kepengurusan yang terdaftar di Sipol. Dan di Kaltim, kepengurusan yang terdaftar di Sipol KPU itu DPD/DPC semua di bawah komando Herwan.

5. Upaya Islah sudah jadi kesepakatan di Pusat bahwa kedua belah pihak sepakat untuk menuntaskan dengan mudah verifikasi faktual. Artinya, supaya mudah lolos verifikasi faktual maka kepengurusan dibawah komando Herwan Susanto yang memang dari awal sudah terdaftar di Sipol KPU.

6. Dan terakhir, semua stackeholder Partai HANURA Kaltim, baik tingkat provinsi dan kab/kota, orsap dan ortom, semua tidak mengakui SK Plt atas nama Surpani. Kita anggap itu tak pernah ada di Partai HANURA Kaltim.

7. Dengan cara apa pun, siapa pun yang mencoba merusak Partai HANURA, kami akan lawan. Kita lihat saja, pasca verifikasi faktual, kepengurusan di bawah komando Herwan Susanto yang SAH mewakili Partai HANURA Kaltim. (*)

Reporter : Afwan Zaid Husein    Editor : Klik Samarinda



Comments

comments


Komentar: 0