21 April 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Pemuda Kaltim Bahas Isu Politik, Ajak Semua Pihak Jaga Pilkada Tetap Kondusif


Pemuda Kaltim Bahas Isu Politik, Ajak Semua Pihak Jaga Pilkada Tetap Kondusif
Viktor Yuan (kanan)

KLIKSAMARINDA.COM – Politik Kalimantan Timur (Kaltim) mulai memanas. Memasuki pendaftaran Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) KPU Kaltim, 8 Januari pekan depan, sejumlah kontestan mulai kendur.

Penyebabnya, ada berbagai persoalan politik yang dihadapi. Baru-baru ini misalnya, Sekprov Kaltim, Rusmadi, dikabarkan mengundurkan diri lantaran belum medapat perahu partai politik (Parpol) serta alasan tak medapat restu dari Gubernur kaltim Awang Faroek Ishak.

Berbeda hal dengan Bacagub usungan partai Gerindra Kaltim, Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar yang turut digadang-gadang, malah mengeluarkan surat pemunduran diri terkait pencalonannya lantaran SK DPP Gerindra yang mendukung pasangan calon Isran Noor dan Hadi Mulyadi.

Sementara kabar calon lainnya Syaharie Jaang, tengah mendapat pemanggilan oleh Bareskrim Polri terkait pemberian izin pengamanan dan biaya tarif masuk ke Terminal Peti Kemas Palaran, Samarinda Seberang.

Kepada sejumlah awak media, Sekjen Laskar pemuda adat dayak Kalimantan Timur (LPADKT) Viktor Yuan mengatakan, pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kaltim diharapkan kepada semua pihak, untuk menjaga iklim kondusivitas bersama.

“Kepada para kontestan untuk mengedepankan politik rivalitas yang fair,” ujar Viktor sapaannya di salah satu pusat perbelanjaan Jalan Bhayangkara, Samarinda 30 Desember 2017.

Selain itu, Ketua DPC Demokrat Samarinda itu menjelaskan, pemuda Kaltim akan menjaga proses politik tetap demokratis tanpa adanya paksaan dan intimidasi dari pihak tertentu.

Oleh sebab itu, dirinya ikut menyerukan persatuan kepada segenap pemuda di Kaltim untuk menjaga iklim demokrasi politik yang lebih beradab.

Dari pantauan KlikSamarinda, sentimen pemuda anti Bacagub arogan tengah menguat saat ini.

“Terhadap proses hukum yang sedang berjalan, kami mengharap Kepolisian RI bisa bersikap netral dan tidak berat sebelah,” ulas Viktor usai memberikan ucapan selamat kepada AMPG Kaltim yang telah selesai menggelar konsolidasi internal. (Adv)

Reporter : Yoyok Sudarmanto    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0