21 April 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Tiga Partai Bangun Koalisi Rapatkan Barisan Jelang Pilgub Kaltim


Tiga Partai Bangun Koalisi Rapatkan Barisan Jelang Pilgub Kaltim
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri), Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman (tengah) dan Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno (kanan) usai menggelar pertemuan membahas seputar Pilkada 2018 di kantor DPP PKS Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (24/ Desember 2017.(Foto: KOMPAS.com/ MOH NADLIR)

KLIKSAMARINDA.COM - Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Kalimantan Timur (Kaltim) pada 2018 mendatang mulai mengerucut. Sejumlah partai bahkan telah menetapkan diri untuk membangun koalisi.

Tak tanggung, koalisi lintas partai ini langsung di pusat. Seperti yang Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerindra, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketiganya sepakat berkoalisi di lima provinsi pada Pilkada 2018 mendatang.

"Kami bertiga, kami akan terus menjaga kebersamaan di dalam event politik. Khususnya di pilkada gubernur," kata Presiden PKS Sohibul Iman di kantor DPP PKS Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu malam 24 Desember 2017, dikutip dari Kompas.

Salah satunya di Provinsi Kaltim. Selain Provinsi Kaltim, empat provinsi lainnya adalah Provinsi tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Maluku Utara.

"Kami sudah menyepakati di Jawa Barat, kami bertiga (juga) akan hand in hand di Jawa Tengah. Kemudian di Sumatera Utara, di Kalimantan Timur, di Maluku Utara," ujar Sohibul.

Adapun nama-nama bakal calon gubernur dan wakilnya di setiap provinsi segera diumumkan dalam waktu dekat, usai dibahas internal partai masing-masing.

"PKS hari Rabu akan mengadakan rapat DPP. Kalau di Gerindra (rapat) di Dewan Pembina. Nanti insya allah, pada hari Rabu diberikan nama-nama," katanya.

Sementara untuk Pilkada di Jawa Timur, ketiga partai politik tersebut masih belum menemukan kata sepakat untuk berkoalisi. Rencananya, awal tahun 2018 baru akan diumumkan bagaimana keputusannya.

"Ada beberapa yang di-pending. (Pilkada) Jawa Timur setelah tahun baru kami punya kesepakatan," ucap Sohibul. (*)

Reporter : Kompas    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0