18 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Mantap, Tim Arung Jeram Kaltim Lampaui Target di Kejurnas R4 Probolinggo


Mantap, Tim Arung Jeram Kaltim Lampaui Target di Kejurnas R4 Probolinggo
Penyerahan medali dalam malam penutupan Kejurnas R4 Arung Jeram di Songa Adventure, Probolinggo, Jatim, Jumat 22 Desember 2017. (Foto: Nico Septian)

KLIKSAMARINDA.COM – Kategori lomba Down River Race (DRR) menjadi babak pamungkas bagi kontingen Arung Jeram Kalimantan Timur dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Arung Jeram R4 di Sungai Pekalen, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jumat 22 Desember 2017.

Tiga tim yang diterjunkan berhasil meraih medali pada nomor yang menguji daya tahan atlet ini. Kelas Junior Men (putra) berhasil meraih emas setelah mantap finish dengan waktu 22 menit 58 detik. Disusul tim Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan 23:23 yang mendapat medali perak, lalu Nusa Tenggara Barat (25:23) untuk perunggu.

Tambahan medali perak DRR disumbang kelas Youth Men (25:17) setelah unggul dari tim tuan rumah, Jatim, dan kalah sekian detik dari tim Jawa Barat (22:39). Tim putra yang diisi atlet asal Kutai Timur dan masih duduk di bangku sekolah itu juga tampil impresif kendati masih pemula dalam cabor arung jeram.

Sementara Open Women Kaltim mendapatkan medali perunggu dengan finish ketiga di bawah kontingen DKI Jakarta (emas) dan Sumatera Utara (perak). Tim putri asal Mahakam Ulu yang baru pertama kali mengikuti kejurnas ini berhasil mengandaskan perlawanan dari Jatim dan NTB.

Penampilan kontingen arung jeram Kaltim pada Kejurnas R4 ini pun mengejutkan kompetitor lain maupun official. Pasalnya, dengan total raihan medali 4 emas, 4 perak dan 2 perunggu sudah melampaui target riil yang dipatok yakni 2 emas dan 2 perak.

Selain itu, tim Junior Men Kaltim muncul sebagai Juara 1 Peringkat Umum pada kelasnya. Begitu pula dengan Open Women Kaltim unggul atas Sumut dan Jatim. Sementara Youth Men keluar sebagai Runner-up dalam peringkat umum.

“Sebenarnya kami menargetkan paling tidak 2 emas, itu target riil jika melihat peta kekuatan kontingen lain apalagi ini kali pertama Kaltim ikut dalam kejurnas. Nyatanya, Kaltim menjadi tim paling progresif, kami sangat bersyukur. ” ujar Manajer Atlet Kaltim, Irwan, Sabtu 23 Desember 2017.

Meski demikian, Irwan yang juga  Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kutai Timur itu enggan bersantai. Pasalnya, hasil kompetisi ini membuka peluang atlet Kaltim menjadi wakil Indonesia pada Kejuaraan Dunia Arung Jeram di Argentina pada 2018 mendatang.

“Tidak bisa berlama-lama kami merayakan ini. Selain kejuaraan internasional, masih ada Kejurnas R6 tahun depan. Di sini lah kami sangat membutuhkan dukungan semua pihak, masyarakat Kaltim, pemerintah hingga stakeholder. Untuk itu kami ucapkan juga terimakasih pada Bupati Kutim, bapak Ismunandar serta Bupati Mahulu, serta pihak lain yang membantu kami di kejurnas ini,” ujar dia.

Apresiasi juga diberikan pada FAJI Kaltim yang selalu mendukung atlet hingga di venue kejuaraan. Kehadiran pengurus bersama atlet selama kompetisi dinilai mampu menggedor semangat untuk tampil baik.

“Terima kasih kepada Ibu Veridiana Wang, Ketum FAJI Kaltim dan Ketua Harian Kanda Yudi Hendrawadi yang bersama kami mulai dari pengembangan di daerah hingga kepercayaannya kepada kami. Dengan ini, Kaltim punya kesempatan menyanyikan Indonesia Raya pada panggung cabor arung jeram internasional,” tutur Irwan.

Kejurnas Arung Jeram R4 Probolinggo 2017 ini mempertandingkan sejumlah kelas antara lain; Master Men, Master Women, Open Men, Open Women, Junior Men, Junior Women, Youth Men dan Youth Women. Setiap kelas memainkan empat nomor lomba yakni, Sprint, Head to Head, Slalom dan Down River Race (DRR).

Selaku penyelenggara, Pengurus Besar (PB) FAJI sukses menghelat kejurnas ini di Sungai Pekalen, Probolinggo, tepatnya di kawasan yang dimotori Songa Adventure. Tepat Jumat malam tadi, acara penyerahan medali serta ramah tamah diadakan untuk menutup kejuaraan. (*)




Comments

comments


Komentar: 0